Elisa, Nova (2023) Pengaruh Intensitas Mengakses Media Sosial Weverse dan Tingkat Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Impulsive Buying Behavior ARMY Indonesia. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Text
(1) COVER.pdf - Submitted Version Download (422kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (813kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (132kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Download (327kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (57kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (199kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Download (775kB) |
Abstract
Penyebaran hallyu atau Korean Wave khususnya musik KPop dapat memicu terjadinya perilaku impulsive buying dikalangan penggemar. Hal tersebut terjadi pada ARMY yang merupakan penggemar dari boy group BTS. Beberapa cuitan ARMY di Twitter menjadi indikasi bahwa mereka telah melakukan impulsive buying terhadap merchandise official BTS seperti album, merch box, maupun merchandise lainnya. Perilaku impulsive buying ARMY tersebut muncul seriring dikembangkannya media sosial Weverse, dimana melalui Weverse ARMY tidak hanya mendapatkan update resmi mengenai BTS maupun update mengenai merchandise official yang dirilis, akan tetapi ARMY juga dapat melakukan pembelian merchandise yang dirilis tersebut langsung melalui Weverse. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification untuk menjelaskan hipotesis. Penelitian ini menggunakan teknik non probabilitas untuk teknik pengambilan
sampelnya. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 127 responden dengan karakteristik ARMY Indonesia berusia 20 -30 tahun, pengguna Weverse, dan pernah membeli merchandise official BTS selama tiga bulan terakhir. Hasil tes hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari intensitas
mengakses media sosial Weverse terhadap impulsive buying behavior ARMY Indonesia Hasil tes hipotesis kedua juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari tingkat fear of
missing out (FoMO) terhadap impulsive buying behavior ARMY Indonesia. Dengan demikian kedua hipotesis penelitian ini diterima.
Kata Kunci : Intensitas Mengakses Media Sosial, Fear of Missing Out, Impulsive Buying
Behavior, Uses and Gratification
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 04:21 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 04:21 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19566 |
Actions (login required)
View Item |