Search for collections on Undip Repository

ANALISIS ATRIBUT INOVASI E-GOVERNMENT MELALUI SAPA MBAK ITA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA SEMARANG

Safira, Yolanda Ezra (2023) ANALISIS ATRIBUT INOVASI E-GOVERNMENT MELALUI SAPA MBAK ITA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Cover_Yolanda.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini Pemerintah Indonesia telah mengimplementasikan berbagai inovasi dalam penyediaan
layanan publik, mengingat dinamika lingkungan yang terus berkembang, salah satu bentuk adanya
inovasi tersebut adalah adanya fasilitas pengaduan masyarakat yang dapat diakses secara daring.
Salah satu pemerintah daerah yang mengimplementasikan inovasi layanan aduan secara online
ialah Kota Semarang yang saat ini diberi nama Sapa Mbak Ita. Banyaknya masyarakat yang
melakukan pelaporan terkait aduan permasalahan publik di platform Sapa Mbak Ita membuat
peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut terkait inovasi yang diciptakan oleh Pemerintah Kota
Semarang dalam penyelesaian aduan dan aspirasi yang masuk sehingga dapat menghasilkan
pengelolaan aduan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian yaitu untuk
menganalisis karakteristik inovasi, faktor pendukung, dan faktor penghambat pada Sapa Mbak Ita
dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Semarang Peneliti menggunakan teori
inovasi menurut Rogers (dalam Suwarno, 2008: 17-18). Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan atribut inovasi e-government melalui Sapa Mbak Ita
dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Semarang dilihat dari relative advantages,
compatibility, complexity, triability, dan observability. Faktor pendukung yang mempengaruhi
inovasi yaitu adanya keinginan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, adanya kebebasan untuk
mengajukan aduan kepada pemerintah secara mudah, tersedianya sarana dan prasarana, dan kondisi
lingkungan yang harmonis. Faktor penghambat yang mempengaruhi inovasi yaitu budaya risk
aversion, ketidakmampuan menghadapi resiko dan perubahan, dan tekanan dan hambatan
Administratif.
Kata Kunci : inovasi, layanan aduan, Sapa Mbak Ita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2023 04:02
Last Modified: 03 Jun 2024 07:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19563

Actions (login required)

View Item View Item