Priyantika, Dian (2023) MANAJEMEN PERPARKIRAN DAN KUALITAS PELAYANAN JURU PARKIR DALAM KEBIJAKAN RETRIBUSI ZONA PARKIR TEPI JALAN UMUM DI KOTA SURAKARTA. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (839kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (833kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Retribusi zona parkir yang diterapkan sesuai klasifikasi zona yang mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Retribusi Daerah dan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Perhubungan. UPTD Pengelolaan Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Surakarta menetapkan 5 zona tetapi zona aktif yang saat ini dijalankan hanyalah zona C, D, dan E. Manajemen perparkiran hadir sebagai langkah strategis dalam menjawab permasalahan perparkiran khususnya pada kebijakan tarif retribusi zona parkir dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis manajemen perparkiran yang diterapkan pada zona parkir tepi jalan umum dan kualitas pelayanan yang diberikan juru parkir dalam kebijakan retribusi zona parkir di Kota Surakarta menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen perparkiran belum berjalan optimal secara keseluruhan sehingga perlu kajian ulang dan dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan juru parkir belum sepenuhnya
menjalankan kebijakan tarif retribusi zona tersebut. Penelitian ini
merekomendasikan agar UPTD Pengelolaan Perparkiran meningkatkan sosialisasi terhadap pengelola parkir, juru parkir, dan masyarakat agar mempercepat pemahaman konsep tarif retibusi zona parkir serta evaluasi untuk melengkapi kekurangan zona parkir yang diterapkan.
Kata Kunci: Juru Parkir, Kualitas Pelayanan, Manajemen Perparkiran, Parkir
Tepi Jalan Umum, Tarif Retribusi Zona Parkir
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 02:15 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 06:46 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |