Search for collections on Undip Repository

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK BUZZER DI MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM MENDUKUNG ANIES BASWEDAN PASCA DEKLARASI CALON PRESIDEN 2024

YURI NANDA, ILHAM (2023) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK BUZZER DI MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM MENDUKUNG ANIES BASWEDAN PASCA DEKLARASI CALON PRESIDEN 2024. Masters thesis, Master Program In Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (851kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media sosial dalam kontestasi politik. Kehadiran media sosial dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melahirkan media baru dengan mudahnya publik mengakses informasi dan memberikan informasi. Menjelang Pemilihan Umum Presiden 2024 penggunaan media sosial menjadi target utama dalam menggiring opini publik untuk membentuk citra politik. Anies Baswedan merupakan aktor politik pertama yang mendeklarasi sebagai Bakal Calon Presiden 2024. Hal ini membuat ramainya media sosial Twitter untuk membentuk citra positif Anies Baswedan yang bertujuan untuk menggiring opini publik warganet. Dalam membentuk citra positif maka akun-akun yang mendukung Anies Baswedan menggunakan strategi komunikasi politik untuk menggiring opini publik wargenet di Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe etnografi digital. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik pengumpulan informan berupa purposive sampling dan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi politik dan strategi komunikasi politik. Penelitian ini menawarkan bagaimana konten dan narasi yang dibuat oleh akun yang mendukung Anies Baswedan yang bertujuan untuk menggiring opini publik. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi politik yang digunakan oleh akun buzzer yang terklasifikasi sebagai relawan politik digital dengan cara redundancy, canalizing, informatif, persuasif, edukatif. Postingan yang dilakukan oleh akun pendukung Anies di Twitter bertujuan untuk menggiring opini publik dengan cara edukasi tentang fakta, rekam jejak Anies tanpa adanya isu hoax. Begitu juga dengan counter narasi terhadap isu yang menyerang Anies dilakukan dengan cara profesional menggunakan fakta yang bersumber dari link berita media nasional terpercaya. Dalam pembuatan konten dan narasi dalam mendukung Anies Baswedan berangkat dari keresahan hati masyarakat yang didapatkan dari kolaborasi antara pendukung lapangan dan media sosial. Adanya pergerakan mendukung Anies Baswedan di media sosial ini bertujuan untuk adanya perubahan dalam sistem pemerintahan Indonesia.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Politik, Buzzer, Relawan, Anies Baswedan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science
Depositing User: Apriyanto MIPOL
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:11
Last Modified: 15 Jan 2024 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item View Item