Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERKAIT VAKSINASI BOOSTER COVID-19 SETELAH PANDEMI COVID-19 DI DESA KWADERAN KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG

ZAKHRO, FATIMATUZ (2023) GAMBARAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERKAIT VAKSINASI BOOSTER COVID-19 SETELAH PANDEMI COVID-19 DI DESA KWADERAN KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FATIMATUZ.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

Vaksinasi ialah solusi paling efektif untuk menghentikan pandemi Covid-19. Vaksinasi booster dilakukan untuk mempertahankan dan memperpanjang masa kekebalan. Capaian vaksinasi booster di Desa Kwaderan Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang 13,2% masih jauh dari target minimum yang ditetapkan pemerintah. Penelitian ini bertuuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan masyarakat terkait vaksinasi booster Covid-19 setelah masa pandemi di Desa Kwaderan Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang.Penelitian kuantitatf deskriptif mempergunakan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ialah warga Desa Kwaderan dengan usia 18 tahun ke atas yang terpilih menggunakan teknik simple random sampling. Variabel yang dikaji adalah pengetahuan terkait covid-19, pengetahuan terkait vaksin dan vaksinasi booster, pengetahuan manfaat vaksinasi, pengetahuan hambatan vaksinasi dan media informasi. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan wawancara dan menganalisisnya menggunakan uji univariat. Responden terbanyak merupakan masyarakat umum (18-49 tahun) sebanyak 76,9%, mayoritas berenis kelamin perempuan (52,9%), berpendidikan SMA (42,3%). Sebanyak 77,1% responden belum mendapatkan vaksiasi booster. Responden berpengetahuan yang baik tekait Covid-19 (90,4%). Pengetahuan terkait vaksin dan vaksinasi booster dalam kategori baik (79,8%). Pengetahuan terkait manfaat vaksinasi booster dalam kategori baik (96,2%). Pengetahuan terkait hambatan vaksinasi booster uga dalam kategori baik (82,7%). Media yang paling banyak digunakan adalah social media (68,3%). Dapat disimpulkan mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik terkait vaksinasi booster Covid-19.

Kata kunci : Pengetahuan; Covid-19; Vaksinasi booster covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:09
Last Modified: 27 Dec 2023 02:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19424

Actions (login required)

View Item View Item