Abdurrahman, Alex Haekal (2023) KONTRIBUSI DAN MAKNA ILUSTRASI DALAM PROGRAM KERJA UNICEF PADA TAHUN 2020-2022 SEBAGAI SARANA PENYEBARAN NILAI-NILAI PERDAMAIAN. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (246kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (250kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (340kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (182kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Download (148kB) |
Abstract
Penggunaan ilustrasi sebagai media dalam menyampaikan ekspresi politik
masyarakat telah digunakan sejak lama. UNICEF pun telah menggunakan ilustrasi
sebagai media mereka dalam menyampaikan pesan-pesan tentang perlindungan
anak dan perdamaian bagi anak. Berdasarkan masalah ini, peneliti ingin meneliti
tentang makna ilustrasi dan kontribusinya dalam menyebarkan nilai-nilai
perdamaian bagi anak oleh UNICEF pada tahun 2020 hingga 2022. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan definisi perdamaian yang dicetuskan oleh Johan Galtung serta
semiotika untuk menganalisis makna yang dikandung pada suatu ilustrasi.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat banyak program kerja oleh
UNICEF dalam menyampaikan nilai-nilai perdamaian bagi anak yang
menggunakan ilustrasi sebagai media. Program kerja UNICEF membahas tentang
isu-isu perdamaian serta isu anti-konflik dalam konteks kesejahteraan anak.
Didapati pula bahwa ilustrasi digunakan sebagai strategi oleh UNICEF dalam
menyebarkan perdamaian sebagai bentuk aksi-aksi damai dan nir-kekerasan.
Ilustrasi pun digunakan dalam menyampaikan pesan perdamaian dan pesan-pesan
anti-konflik bagi anak melalui simbol-simbol dan pesan serta makna yang
dikandung dalam ilustrasi yang telah digunakan.
Saran dari penelitian ini adalah penggunaan cara-cara yang kreatif dan
inovatif oleh aktor-aktor perdamaian dalam menyampaikan nilai-nilai perdamaian
atau bahkan mencapai perdamaian–utamanya bagi anak.
Keywords: UNICEF; Ilustrasi; Perdamaian; Anak-anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 09:05 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 09:05 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19386 |
Actions (login required)
View Item |