Search for collections on Undip Repository

MEMAHAMI MOTIVASI, BENTUK INTERAKSI, DAN MANFAAT BAGI FOLLOWER DALAM MENGIKUTI MICRO-INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

HAPSARI, DESYNTA KURNIA (2022) MEMAHAMI MOTIVASI, BENTUK INTERAKSI, DAN MANFAAT BAGI FOLLOWER DALAM MENGIKUTI MICRO-INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (542kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (543kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (211kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (682kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (293kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (321kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

Kemunculan media sosial, telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan
masyarakat. Meningkatnya penggunaan media sosial, juga meningkatkan
munculnya fenomena influencer, khususnya di Indonesia. Micro influencer adalah
kategori influencer terendah di media sosial dilihat dari jumlah pengikutnya yang
berkisar dari 1.000 sampai dengan 15.000 pengikut. Namun, meskipun memiliki
jumlah pengikut terendah dari kategori lain dan tidak memiliki popularitas
sebelumnya, micro influencer mampu menarik audiens untuk mengikuti mereka di
instagram. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam motivasi
para follower mengikuti micro influencer tertentu, apa interaksi yang dapat terjalin
diantara keduanya, serta manfaat yang didapatkan oleh follower dalam mengikuti
micro influencer tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi
dengan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam kepada dua
belas (12) informan dari tiga (3) kategori micro influencer yang berbeda, dengan
kriteria aktif berinteraksi di media sosial dengan micro influencer yang diikutinya.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat empat motivasi follower dalam
mengikuti micro influencer di media sosial. Pertama, adanya positive emotional
arousal yang berupa perasaan senang, gembira, terhibur, semangat, dan
termotivasi. Kedua, adanya daya tarik fisik seperti penampilan fisik micro
influencer, kesamaan hobi, selera atau daerah tempat tinggal, serta kemampuan dari
micro influencer dalam memproduksi konten dan mengelola sosial medianya.
Ketiga adanya Bandwagon Effect, dimana kecenderungan follower mengikuti micro
influencer karena mengikuti apa yang dilakukan oleh temannya. Keempat, follower
termotivasi mengikuti micro influencer di media sosial karena menjadikan micro
influencer sebagai teladan. Sementara interaksi yang terjalin diantara follower
dengan micro influencer yang diikutinya merupakan interaksi parasosial, karena
kedekatan hanya dirasakan oleh follower. Dengan mengikuti micro influencer,
follower bisa mendapatkan manfaat berupa terpenuhi kebutuhan akan informasi
serta hiburan.
Keywords: Pengikut, Micro Influencer, Motivasi, Interaksi, Instagram
NOMOR: 120KOM2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:54
Last Modified: 15 Jan 2024 02:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19378

Actions (login required)

View Item View Item