Search for collections on Undip Repository

Kandungan Zat Besi, Vitamin C, Gula Total, dan Karakteristik Sensoris Permen Jelly Buah Ara (Ficus carica L.) dan Jambu Biji (Psidium Guajava L.) Sebagai Pencegah Anemia Defisiensi Besi

Fajar Gautama, Made and Anjani, Gemala and Nuryanto, Nuryanto and Rustanti, Ninik Kandungan Zat Besi, Vitamin C, Gula Total, dan Karakteristik Sensoris Permen Jelly Buah Ara (Ficus carica L.) dan Jambu Biji (Psidium Guajava L.) Sebagai Pencegah Anemia Defisiensi Besi. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Made Fajar Gautama (Abstrak).jpg

Download (560kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Riskesdas tahun 2018 menunjukkan prevalensi anemia pada remaja Indonesia masih tinggi sebesar 26%. Diperlukan intervensi pencegahan anemia yang mudah dan disukai remaja, yaitu permen jelly buah ara dan jambu biji yang tinggi kandungan zat besi dan vitamin C.

Tujuan: Mengetahui pengaruh penambahan sari buah ara dan jambu biji terhadap kandungan zat besi, vitamin C, gula total, dan karakteristik sensoris permen jelly.

Metode: Penelitian eksperimental dengan 4 kelompok perlakuan berdasarkan perbandingan sari buah ara dan jambu biji, yaitu F0 (0%:0%), F1 (70%:30%), F2 (60%:40%) dan F3 (50%:50%). Zat besi dianalisis dengan metode ICP-OES, vitamin C dengan spektrofotometri uv-vis, gula total dengan nelson somyogi, dan karakteristik sensoris (hedonik dan just about right) terhadap 66 panelis. Analisis statistik zat gizi menggunakan one way ANOVA dengan uji lanjut Duncan. Karakteristik sensoris menggunakan uji Kruskal Wallis dengan uji lanjut Mann Whitney serta penalty analysis.

Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) dari penambahan sari buah ara dan jambu biji terhadap kandungan zat besi, vitamin C, gula total, hedonik (warna, rasa, aroma, dan tekstur), serta Just About Right (JAR) yang meliputi warna cerah, rasa manis, aroma segar, dan tekstur kenyal.

Simpulan: Penambahan sari buah ara dan jambu biji memberikan pengaruh signifikan terhadap kandungan zat besi, vitamin C, gula total, serta karakteristik sensoris permen jelly. Formulasi 3 memiliki skor kesukaan tertinggi berdasarkan uji hedonik dan JAR. Produk ini mengandung tinggi vitamin C dan mampu memenuhi kebutuhan pada remaja.

Kata kunci: Kandungan zat besi, permen jelly, buah ara, buah jambu biji

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:59
Last Modified: 22 Dec 2023 04:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19345

Actions (login required)

View Item View Item