Search for collections on Undip Repository

Efek Penambahan Suplemen Spirulina platensis pada Restriksi Kalori terhadap Parameter Antropometri dan Komposisi Tubuh Laki-Laki Obesitas

Habibah, Kona’atul and Pramono, Adriyan and Adi Murbawani, Etisa and Ardiaria, Martha Efek Penambahan Suplemen Spirulina platensis pada Restriksi Kalori terhadap Parameter Antropometri dan Komposisi Tubuh Laki-Laki Obesitas. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak-Kona'atul Habibah.jpg

Download (568kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Obesitas didefinisikan sebagai akumulasi lemak abnormal yang dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan. Salah satu pangan fungsional yang berpotensi sebagai nutraceuticals pada obesitas adalah Spirulina platensis.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh suplemen Spirulina platensis dan restriksi kalori terhadap parameter antropometri dan komposisi tubuh pada laki-laki obesitas.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan randomized controlled trial double blind dengan pre-post test design. Sebanyak 36 laki-laki obesitas yang berusia 25-55 tahun dialokasikan secara acak ke dalam kelompok intervensi dan kontrol. Kelompok intervensi (n=19) menerima suplemen Spirulina platensis 2x2 kapsul/hari dengan dosis 450 mg/kapsul, sedangkan kelompok kontrol (n=17) menerima kapsul placebo 2x2 kapsul/hari selama satu bulan. Kedua kelompok menerima diet pembatasan kalori selama intervensi.
Hasil: Massa lemak tubuh dan persentase lemak tubuh pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol mengalami penurunan yang signifikan (p<0,05), akan tetapi rerata penurunan kelompok intervensi lebih tinggi. Penurunan lingkar pinggang pada kelompok intervensi lebih signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Namun, penurunan IMT pada kelompok kontrol lebih signifikan dibandingkan kelompok intervensi.
Simpulan: Pemberian suplementasi Spirulina platensis pada restriksi kalori berpengaruh terhadap penurunan indeks massa tubuh, lingkar pinggang, massa lemak tubuh, dan persentase lemak tubuh pada laki-laki obesitas.
Kata Kunci: Obesitas, Antropometri, Komposisi tubuh, Spirulina platensis

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:15
Last Modified: 26 Jan 2024 02:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19329

Actions (login required)

View Item View Item