Search for collections on Undip Repository

INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI DESA (STUDI KEBERHASILAN DESA BANYUBIRU KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG)

Fadli, Ghaniyyu Khoiri (2023) INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI DESA (STUDI KEBERHASILAN DESA BANYUBIRU KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER_Ghani.pdf - Submitted Version

Download (498kB)
[img] Text
BAB I_Ghani.pdf - Submitted Version

Download (260kB)
[img] Text
BAB II_Ghani.pdf - Submitted Version

Download (599kB)
[img] Text
BAB III_Ghani.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
BAB IV_Ghani.pdf - Submitted Version

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Ghani.pdf - Submitted Version

Download (76kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Ghani.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik merupakan salah satu terobosan yang dihadirkan
oleh pemangku kebijakan untuk mengatasi hambatan dan masalah dalam layanan
publik. Desa Banyubiru merupakan salah satu contoh desa yang melakukan inovasi
pelayanan publik. Inovasi pelayanan publik dilakukan berbasis e-government
dengan menggunakan teknologi dan terhubung dengan jaringan internet. Tujuan
dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor
keberhasilan inovasi pelayanan publik berbasis e-government di Desa Banyubiru,
Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Teori yang digunakan adalah
menggunakan teori milik Cook, Matthews, dan Irwin yang meliputi lima (5)
indikator keberhasilan yaitu kepemimpinan, organisasi/manajemen, manajemen
resiko, kemampuan sumber daya manusia, dan teknologi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Informasi serta data yang didapatkan dilakukan dengan cara
menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk menunjang
data penelitian, maka penelitian ini juga menggunakan studi literatur yang
didaptkan dari internet, jurnal, dan dokumen penting lainnya. Pada pemilihan
informan, informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan
kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dalam proses
pelaksanaan inovasi pelayanan publik yang ada di desa Banyubiru sudah berjalan
dengan baik dan berhasil dilakukan.

Keberhasilan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Banyubiru tidak
terlepas dari faktor-faktor yang ada. Adapun faktor-faktor yang memperngaruhi
keberhasilan inovasi pelayanan publik di Desa Banyubiru adalah kepemimpinan,
organisasi/manajemen, manajemen resiko, kemampuan sumber daya manusia, dan
teknologi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya dampak dan respon positif yang
dirasakan oleh pengguna layanan. Selain itu, hadirnya inovasi pelayanan publik
yang berbasis e-government mengantarkan Desa Banyubiru menjadi kandidat
terbaik dalam lomba perkembangan desa tingkat Jawa Tengah pada tahun 2021.

Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, e-government, Faktor-Faktor Keberhasilan
NOMOR: 128PEM2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:58
Last Modified: 22 Dec 2023 06:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19322

Actions (login required)

View Item View Item