Search for collections on Undip Repository

Hubungan Keluhan Subjektif Low Back Pain dengan Kualitas Tidur: Studi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Shahrani, Dinanti Bintang and Kesoema, Tanti Ajoe and Setiawati, Erna and Putri, Rahmi Isma Asmara (2023) Hubungan Keluhan Subjektif Low Back Pain dengan Kualitas Tidur: Studi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (DINANTI BINTANG SHAHRANI-22010120140206-ABSTRAK-KTI)
DINANTI BINTANG SHAHRANI-22010120140206-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)

Abstract

Latar Belakang: Low back pain merupakan gejala yang sering timbul dan erat kaitannya dengan Masyarakat baik di Indonesia maupun dunia. Low back pain dapat dipengaruhi oleh faktor yang tidak dapat diubah dan dapat diubah seperti aktivitas fisik berlebih, obesitas, postur tubuh, dan faktor psikologis. Dilihat dari beberapa faktor risiko tersebut, diketahui bahwa pada rentang usia produktif (< 45 tahun) memiliki risiko yang cukup besar untuk mengalami low back pain.
Tujuan: Membuktikan adanya hubungan antara keluhan subjektif low back pain dengan kualitas tidur pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode: Penelitian observasional analitik dengan rancangan belah lintang. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang yang dipilih menggunakan metode consecutive sampling. Keluhan subjektif low back pain diketahui melalui skala NRS dan data kualitas tidur diketahui melalui kuesioner PSQI. Hubungan antara keluhan subjektif low back pain dan kualitas tidur dianalisis menggunakan uji korelasi Mann Whitney dan uji signifikan Z-Test.
Hasil: Dari total 50 subjek penelitian, hasil analisis skor keluhan subjektif low back pain dengan kualitas tidur didapatkan hasil p value 0,121 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan bermakna antara skor keluhan subjektif low back pain dengan kualitas tidur.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara keluhan subjektif low back pain dengan kualitas tidur pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Kata kunci: low back pain, kualitas tidur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: low back pain, kualitas tidur
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:33
Last Modified: 22 Dec 2023 06:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19321

Actions (login required)

View Item View Item