Search for collections on Undip Repository

Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Memeriksakan Diri ke Pelayanan Kesehatan pada Pasien Retinopati Diabetika di Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang

Nathania, Rachel Dina and Nugroho, Trilaksana and Dharma, Andhika Guna and Dewi, Puspita Kusuma (2023) Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Memeriksakan Diri ke Pelayanan Kesehatan pada Pasien Retinopati Diabetika di Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Rachel Dina Nathania_22010120140216_abstrak KTI)
Rachel Dina Nathania_22010120140216_abstrak KTI.pdf

Download (241kB)

Abstract

Latar Belakang: Retinopati diabetika adalah kelainan progresif pembuluh darah mikro retina yang berkaitan dengan hiperglikemi kronik pada penderita diabetes melitus. Retinopati diabetika merupakan penyebab utama penurunan penglihatan dan kebutaan yang dapat dicegah dengan deteksi dini dan skrining pada orang dewasa berusia produktif. Pengetahuan berperan penting dalam perubahan perilaku seseorang. Dalam rangka pencegahan penurunan penglihatan dan kebutaan akibat retinopati diabetika, diperlukan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan tentang komplikasi diabetes pada mata dan kesadaran akan pentingnya pemeriksaan mata rutin di pelayanan kesehatan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan pada pasien retinopati diabetika di Rumah Sakit Nasional Diponegoro.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah pasien diabetes melitus dengan retinopati diabetika yang memeriksakan diri ke poliklinik mata Rumah Sakit Nasional Diponegoro yang diambil dengan cara consecutive sampling. Data yang diambil adalah data tingkat pengetahuan terkait diabetes dan retinopati diabetika, serta data perilaku memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner berdasarkan jurnal Diabetes and Diabetic Retinopathy: Knowledge, Attitude, Practice (KAP) among Diabetic Patients in A Tertiary Eye Care Centre, dilanjutkan dengan in-depth interview menggunakan daftar pertanyaan terbuka. Uji normalitas pada penelitian ini menggunakan uji Shapiro-Wilk karena jumlah sampel yang digunakan kurang dari 50, dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji Chi-square. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2023 di poliklinik mata Rumah Sakit Nasional Diponegoro dengan jumlah sampel sebanyak 37 responden.
Hasil: Berdasarkan analisis uji Chi-square dengan uji alternatif fisher’s exact didapatkan nilai p sebesar 0,012 dan 0,001 (p<0,05) hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan terkait diabetes dan retinopati diabetika dengan perilaku memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan pada pasien retinopati diabetika di Rumah Sakit Nasional Diponegoro.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan terkait diabetes dan retinopati diabetika dengan perilaku memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan pada pasien retinopati diabetika di Rumah Sakit Nasional Diponegoro.
Kata Kunci: retinopati diabetika, diabetes melitus, pengetahuan, perilaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: retinopati diabetika, diabetes melitus, pengetahuan, perilaku
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:56
Last Modified: 22 Dec 2023 02:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item