Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN DURASI DAN FREKUENSI MENULIS DENGAN KEJADIAN DE QUERVAIN’S SYNDROME : STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Muthii', Abdurrahman Athoullah and Setiawati, Erna and Putri, Rahmi Isma Asmara and Budisulistyo, Trianggoro (2023) HUBUNGAN DURASI DAN FREKUENSI MENULIS DENGAN KEJADIAN DE QUERVAIN’S SYNDROME : STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABDURRAHMAN ATHOULLAH MUTHII'-22010120120029-KTI-ABSTRAK)
ABDURRAHMAN ATHOULLAH MUTHII'-22010120120029-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (162kB)

Abstract

Latar belakang: Menulis tangan merupakan kegiatan yang umum dilakukan manusia dalam kesehariannya. Penggunaan berlebih pada tangan saat menulis menjadi perhatian lebih jika dikaitkan dengan penyakit otot. Salah satu jenis dari penyakit otot adalah Repetitive Strain Injury yang meliputi De Quervain’s Syndrome (DQS). DQS adalah gangguan yang terjadi akibat penggunaan berlebihan ibu jari dan pergelangan tangan yang dapat menyebabkan peradangan dan penebalan pada lapisan selaput tendon di sarung synovial dan retinaculum.
Tujuan: Mengidentifikasi keterkaitan antara durasi dan frekuensi kegiatan menulis dengan kejadian De Quervain’s Syndrome.
Metode: Penelitian ini memiliki desain penelitian observasional analitik menggunakan metode cross sectional. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Dilakukan pada bulan november 2023 dengan jumlah subjek sebanyak 114 responden.
Hasil: Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara durasi maupun frekuensi menulis dengan kejadian De Quervain's Syndrome berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis dan DQST. Nilai p yang tercatat dalam output SPSS adalah 0,719 (>0,05) untuk durasi menulis dan 0,174 (>0,05) untuk frekuensi menulis, menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel tersebut dengan kejadian DQS.
Kesimpulan: Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara durasi maupun frekuensi menulis dengan kejadian De Quervain's Syndrome.
Kata Kunci: De Quervain’s Syndrome (DQS), Durasi, Frekuensi, Menulis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: De Quervain’s Syndrome (DQS), Durasi, Frekuensi, Menulis
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:51
Last Modified: 22 Dec 2023 02:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19261

Actions (login required)

View Item View Item