Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Program Aksi Bergizi terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Gizi dan Kesehatan pada Remaja Putri Usia 12-14 Tahun di Kabupaten Kudus

Permata Shanie, Ainun and Pramono, Adriyan and Nuryanto, Nuryanto and Fithra Dieny, Fillah Pengaruh Program Aksi Bergizi terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Gizi dan Kesehatan pada Remaja Putri Usia 12-14 Tahun di Kabupaten Kudus. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ainun Permata Shanie.pdf

Download (124kB)

Abstract

Latar Belakang: Masa remaja merupakan tahapan kehidupan yang memerlukan peningkatan kebutuhan zat gizi. Faktor-faktor seperti rendahnya pengetahuan dan praktik gizi dan kesehatan yang buruk memperparah masalah gizi pada remaja. Untuk mengatasi masalah ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan UNICEF bekerjasama dengan menginisiasi Program Aksi Begizi yang merupakan program pendidikan gizi remaja yang terintegrasi dan responsif terhadap gender untuk mengatasi beban ganda masalah gizi pada remaja.
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Program Aksi Bergizi terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik gizi dan kesehatan remaja putri di Kabupaten Kudus.
Metode: Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain one group pre-post test. Jumlah subjek 95 siswi kelas 7, 8, dan 9 dari dua sekolah. Subjek diberikan Program Aksi Bergizi berupa sarapan bersama, konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD), aktivitas fisik, dan pendidikan gizi sebanyak satu kali dalam seminggu selama satu bulan. Data pengetahuan, sikap, dan praktik diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner terstruktur sebelum dan setelah diberikan Program Aksi Bergizi. Perbedaan pengetahuan, sikap, dan praktik gizi dan kesehatan diuji dengan Uji Wilcoxon.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Aksi Bergizi berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan (p=0,000), kecukupan asupan (p=0,000), keanekaragaman asupan (p=0,000), aktivitas fisik(p=0,000), dan kepatuhan konsumsi TTD (p=0,000). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Program Aksi Bergizi tidak berpengaruh terhadap perubahan sikap (p=0,239) dan kecukupan asupan protein (p=0,760) sebelum dan sesudah Program Aksi Bergizi.
Simpulan: Terdapat pengaruh Program Aksi Bergizi terhadap pengetahuan dan praktik gizi dan kesehatan remaja putri di Kabupaten Kudus.

Kata Kunci: Pengetahuan, praktik, program aksi bergizi, sikap

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Dec 2023 09:14
Last Modified: 21 Dec 2023 09:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19247

Actions (login required)

View Item View Item