Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Konseling Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap Calon Pengantin terkait Nutrition Preconception Care di Kabupaten Sampang

Ayu Fahreza, Nabila and Pramono, Adriyan and Rahadiyanti, Ayu Pengaruh Pemberian Konseling Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap Calon Pengantin terkait Nutrition Preconception Care di Kabupaten Sampang. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak - Nabila Ayu Fahreza.jpg

Download (617kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Fetal programming menghubungkan antara proses pertumbuhan-perkembangan fetus dengan faktor-faktor distrupsi yang terjadi pada periode awal kehamilan. Salah satu bentuk mengoptimalisasi periode tersebut dengan Nutrition Preconception Care (NPC), yaitu dengan pemberian konseling gizi pada calon pengantin. Calon pengantin yang memiliki pengetahuan terkait kesehatan dapat menunjukkan sikap berperilaku kesehatan, seperti pemilihan bahan makanan sehingga juga dapat memengaruhi status kesehatan diri dan anaknya.
Tujuan: Menganalisis pengaruh pemberian konseling gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap calon pengantin di Kabupaten Sampang
Metode: Pre-post test with control group design yang melibatkan 34 subjek di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banyuates dan Ketapang. Intervensi yang diberikan berupa konseling gizi sebaya sebanyak 2 kali selama 2 minggu. Tingkat pengetahuan dan sikap diukur menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis statistik diuji menggunakan Chi-square, Mann Whitney, independent t-test dan paired t-test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan calon pengantin meningkat secara signifikan (p<0,001) setelah diberikan konseling gizi pada kelompok perlakuan, sedangkan pada kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan (p=0,168). Sikap subjek juga meningkat secara signifikan (p<0,001) pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (p=0,040) setelah pemberian intervensi. Perbandingan skor posttest pengetahuan antar kelompok (p=0,026) dan nilai delta (Δ) (p<0,001) menunjukkan nilai yang signifikan. Perbandingan skor posttest sikap antar kelompok menunjukkan hasil yang tidak signifikan (p=0,244), namun nilai delta (Δ) menunjukkan nilai yang signifikan (p<0,001).
Simpulan: Konseling gizi efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap calon pengantin terkait Nutrition Preconception Care (NPC).
Kata kunci: konseling gizi, pengetahuan dan sikap, calon pengantin, nutrition preconception care

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:07
Last Modified: 21 Dec 2023 07:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19230

Actions (login required)

View Item View Item