Search for collections on Undip Repository

Hubungan Konsumsi Alkohol dan Kualitas Tidur dengan RLPP sebagai Indikator Obesitas Sentral pada Mahasiswa di Kota Semarang

Nurcahyani, Putri and Rustanti, Ninik and Nur Afifah, Diana and Purwanti, Rachma Hubungan Konsumsi Alkohol dan Kualitas Tidur dengan RLPP sebagai Indikator Obesitas Sentral pada Mahasiswa di Kota Semarang. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak_Putri Nurcahyani.jpg

Download (710kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Obesitas sentral merupakan penumpukan lemak pada perut. Mengonsumsi alkohol menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam kejadian obesitas sentral. Mahasiswa usia 18-24 tahun cenderung mengalami kualitas tidur buruk yang disebabkan oleh aktivitas di malam hari. Penelitian terkait konsumsi alkohol dan kualitas tidur dengan obesitas sentral belum pernah dilakukan pada mahasiswa di Kota Semarang sebelumnya.
Tujuan: Menganalisis hubungan konsumsi alkohol dan kualitas tidur dengan RLPP sebagai indikator obesitas sentral pada mahasiswa di Kota Semarang
Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional menggunakan 70 mahasiswa usia 18-24 tahun. Variabel terikat penelitian ini berupa RLPP serta variabel bebas berupa konsumsi alkohol dan kualitas tidur. Pengumpulan subjek penelitian menggunakan metode snowball sampling pada mahasiswa yang mengonsumsi alkohol dan dilakukan di bulan Juli 2023. Rasio lingkar pinggang pinggul (RLPP) diukur menggunakan medline, kualitas tidur dinilai menggunakan PSQI, usia dan jenis kelamin menggunakan kuesioner identitas subjek, aktivitas fisik menggunakan IPAQ-SF, asupan makan menggunakan SQFFQ. Analisis bivariat dilakukan menggunakan Rank Spearman dan multivariat menggunakan regresi linear berganda pada variabel yang signifikan (p>0,25) menggunakan SPSS.
Hasil: Terdapat 70 subjek mahasiswa yang terdiri dari 68,6% laki-laki dan 31,4% perempuan. Sebanyak 35,7% subjek mengalami obesitas sentral dan 95,7% mengalami kualitas tidur yang buruk. hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara konsumsi alkohol (p=0,001), kualitas tidur (p=0,001), aktivitas fisik (p=0,003), asupan energi (p=0,026), karbohidrat (p=0,049), dan lemak (p=0,016) dengan RLPP. Faktor yang paling berpengaruh adalah frekuensi konsumsi alkohol dengan nilai koefisien regresi 0,058.
Simpulan: Terdapat hubungan bermakna antara konsumsi alkohol, kualitas tidur, aktivitas fisik, asupan energi, karbohidrat, dan lemak dengan RLPP pada mahasiswa di Kota Semarang. Faktor yang paling berpengaruh pada RLPP adalah frekuensi konsumsi alkohol.
Kata Kunci: konsumsi alkohol, kualitas tidur, obesitas sentral, RLPP

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:25
Last Modified: 21 Dec 2023 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19207

Actions (login required)

View Item View Item