Search for collections on Undip Repository

FAKTOR–FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAMA PERAWATAN PASIEN NON-BEDAH DI BANGSAL RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Mustikasari, Bunga Faradina and Riansari, Anugrah and Hutami, Hesti Triwahyu and Farhanah, Nur (2023) FAKTOR–FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAMA PERAWATAN PASIEN NON-BEDAH DI BANGSAL RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (820kB)

Abstract

Latar Belakang: Lama rawat (LOS) adalah penentu keberhasilan terapi pasien. AvLOS yang tinggi menunjukkan rendahnya pelayanan kesehatan dan efisiensi di unit rawat inap. Penelitian di RSUP Dr. Kariadi fokus pada pasien nonbedah, mengevaluasi hubungan antara usia, jenis kelamin, status gizi, trombosit, leukosit, hemoglobin, albumin, natrium, sumber infeksi, jenis komorbid, jumlah komorbid, dan kejadian healthcare associated infections (HAI’s) dengan LOS.
Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi lama rawat inap pasien di bangsal non bedah di RSUP Dr. Kariadi.
Metode Penelitian: Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr. Kariadi Semarang pada bulan Agustus-Desember 2023 dengan desain penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional menggunakan analisis bivariat dan multivariat
Hasil: Didapatkan hasil bahwa faktor usia tidak berhubungan, jenis kelamin tidak terdapat hubungan yang bermakna, status gizi tidak terdapat hubungan bermakna, trombosit terdapat hubungan bermakna, leukosit tidak terdapat hubungan bermakna, hemoglobin tidak terdapat hubungan bermakna, albumin tidak terdapat hubungan bermakna, natrium tidak terdapat hubungan bermakna, sumber infeksi tidak terdapat hubungan bermakna, jenis komorbid tidak terdapat hubungan bermakna, jumlah komorbid tidak terdapat hubungan bermakna, dan kejadian HAI’s terdapat hubungan bermakna.
Kesimpulan: Kejadian HAI’s merupakan faktor dominan berpengaruh terhadap lama rawat inap.

Kata Kunci: Lama rawat inap, Healthcare Associated Infections, nonbedah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lama rawat inap, Healthcare Associated Infections, nonbedah
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:43
Last Modified: 21 Dec 2023 06:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19202

Actions (login required)

View Item View Item