Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PERNIKAHAN DINI DAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI KECAMATAN KARANGREJA PURBALINGGA

Dhia Firmandani, Raihan and Fithra Dieny, Fillah and Tri Susilo, Mursid and Rahadiyanti, Ayu HUBUNGAN PERNIKAHAN DINI DAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI KECAMATAN KARANGREJA PURBALINGGA. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak-Raihan Dhia Firmandani.jpg

Download (619kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Kabupaten Purbalingga menjadi peringkat keempat stunting tertinggi di Jawa Tengah dengan cakupan ASI eksklusif di bawah target nasional dan masih melekatnya tradisi pernikahan dini pada beberapa desa di Kecamatan Karangreja. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara pernikahan dini dan riwayat pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting pada balita di Kecamatan Karangreja Purbalingga.
Metode: Desain penelitian kuantitatif case-control sebanyak 54 balita usia 12-24 bulan dengan consecutive sampling dan rasio case-control 1:1. Variabel bebas pernikahan dini dan riwayat ASI eksklusif, sedangkan variabel terikatnya stunting pada balita. Variabel perancu usia ibu saat hamil subjek, tingkat pendidikan, status pekerjaan, panjang dan berat badan lahir anak, praktik pemberian MPASI (PMBA), serta riwayat penyakit infeksi anak. Pengambilan data melalui wawancara kuesioner kemudian dianalisis secara univariat, bivariat, serta multivariat.
Hasil: Sebanyak 33 responden (61,1%) menikah dini saat usia ≤ 19 tahun dan 34 subjek (63%) memiliki riwayat ASI eksklusif. Terdapat hubungan antara pernikahan dini (p=0,008 OR 5,839) dan riwayat pemberian ASI eksklusif (p=0,045 OR 3,856) dengan kejadian stunting pada balita setelah dikontrol variabel perancu.
Simpulan: Terdapat hubungan antara pernikahan dini dan riwayat pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting pada balita setelah dikontrol variabel perancu. Pernikahan dini menjadi faktor yang paling berhubungan dengan kejadian stunting pada balita di wilayah kerja Puskesmas Karangreja Purbalingga.
Kata kunci: stunting, balita, pernikahan dini, riwayat ASI eksklusif

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:15
Last Modified: 21 Dec 2023 04:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19200

Actions (login required)

View Item View Item