Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Biaya Pelayanan Kesehatan antara Pasien dengan Penyakit Jantung Koroner yang Dilakukan Tindakan Elective dan Primary PCI (Studi di RSD KRMT Wongsonegoro (RS Pemerintah Tipe B)

Candra, Abigail Amadea and Bahrudin, Bahrudin and Utami, Aras (2023) Perbedaan Biaya Pelayanan Kesehatan antara Pasien dengan Penyakit Jantung Koroner yang Dilakukan Tindakan Elective dan Primary PCI (Studi di RSD KRMT Wongsonegoro (RS Pemerintah Tipe B). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abigail Aamdea Candra_22010120130117_Abstrak)
Abigail Amadea Candra_22010120130117_Abstrak.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang terjadi akibat penyempitan arteri koroner. Salah satu cara yang paling akurat untuk mengurangi risiko restenosis dan angina berulang adalah PCI. PCI terdiri dari dua jenis, yaitu elective dan primary. RSD KRMT Wongsonegoro memiliki layanan catheterization laboratory yang baru. Maka dari itu diperlukan analisis biaya riil untuk tindakan PCI. Sistem INA-CBGS merupakan Solusi untuk pengendalian biaya pelayanan. Namun, dalam pelaksanaanya masih belum efektif.
Tujuan: Mengetahui perbedaan biaya riil dan perbedaan selisih biaya riil dan tarif INA-CBGS antara tindakan elective dan primary PCI pada pasien dengan penyakit jantung koroner di RSD KRMT Wongsonegoro.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian berjumlah 310 pasien JKN dengan penyakit jantung koroner yang melakukan tindakan elective dan primary PCI dan didapatkan dengan metode total sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari rekam medik. Analisis data menggunakan excel dan aplikasi SPSS.
Hasil: Terdapat perbedaan biaya riil pada pasien dengan PJK yang melakukan tindakan elective dan primary dengan p value = 0,011 (p<0,05) dan antara selisih biaya riil dan tarif INA-CBGS pada pasien dengan PJK yang melakukan tindakan elective dan primary dengan nilai p value = 0,066.
Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara biaya riil dan selisih biaya riil dan tarif INA-CBGS pada pasien dengan PJK yang melakukan tindakan elective dan primary PCI.
Kata Kunci: elective, primary, PCI, biaya riil, tarif INA-CBGS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: elective, primary, PCI, biaya riil, tarif INA-CBGS
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:27
Last Modified: 21 Dec 2023 03:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19166

Actions (login required)

View Item View Item