Search for collections on Undip Repository

ANGKA KEJADIAN DEPRESI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PADA ANAK DAN REMAJA DENGAN DIABETES MELITUS TIPE 1 (Studi pada Populasi Semarang)

Herenda, Fadia Raihani Aprilia and Saktini, Fanti (2023) ANGKA KEJADIAN DEPRESI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PADA ANAK DAN REMAJA DENGAN DIABETES MELITUS TIPE 1 (Studi pada Populasi Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text (FADIA RAIHANI APRILIA HERENDA-22010119130139-KTI-ABSTRAK)
FADIA RAIHANI APRILIA HERENDA-22010119130139-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (210kB)

Abstract

Latar belakang: Anak dan remaja dengan DM TI membutuhkan pengobatan suntikan seumur hidup, namun pengobatan ini dapat berdampak pada gangguan makan, kecemasan berlebihan, depresi, dan parahnya ingin melakukan bunuh diri. Faktor-faktor yang memengaruhi anak dan remaja DM TI depresi yaitu karena adanya perubahan hormon dan depresi merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan stres tergantung coping.Tujuan: Untuk mengetahui angka kejadian dari depresi dan faktor-faktor yang memengaruhi pada anak dan remaja dengan DM TI. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Cross- Sectional . Sampel penelitian adalah 29 anak penderita DM TI yang memiliki kriteria inklusi anak dan remaja berusia 7-17 tahun, laki-laki atau perempuan, melaksanakan proses pengobatan dan penyenmbuhan DM TI dan kriteria eksklusi memiliki lebih dari 1 penyakit kronis dan tidak mampu baca tulis yang dilakukan dengan cara consecutive sampling dan dilakukan mulai bulan Maret – Oktober 2023. Responden diberikan informed consent sebelum diberikan kuesioner Children Depression Inventory untuk mengukur depresi. Analisis data ini secara deskriptif menggunakan IBM SPSS Statistic versi 29 for mac. Hasil :Terdapat 8 anak yang depresi dalam 27 subyek penelitian. Faktor yang berpengaruh adalah riwayat penyakit kronis orang tua dan frekuensi kontrol. Kesimpulan : 29,63% depresi pada anak dan remaja dengan DM TI.
Kata kunci : Diabetes Melitus Tipe 1, Faktor-Faktor, Depresi, Anak dan Remaja, Children Depression Inventory

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus Tipe 1, Faktor-Faktor, Depresi, Anak dan Remaja, Children Depression Inventory
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:35
Last Modified: 20 Dec 2023 07:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19093

Actions (login required)

View Item View Item