Search for collections on Undip Repository

Hubungan Excessive Daytime Sleepiness dengan Tekanan Darah pada Sopir Bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP)

Tsaqif, Tsalis Khoirul and Yunika, Kanti and Marliyawati, Dwi and Santosa, Yanuar Iman (2023) Hubungan Excessive Daytime Sleepiness dengan Tekanan Darah pada Sopir Bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar Belakang: Excessive Daytime Sleepiness atau EDS adalah tidak mampunya tubuh untuk tetap terjaga saat siang hari yang menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan yang mengganggu konsentrasi seseorang saat siang hari dan menjadi tertidur pada waktu yang tidak tepat. Seseorang yang memiliki EDS akan berpengaruh terhadap fisiologis dan psikologis dari tubuh. Hal ini akan berpengaruh terhadap tekanan darah manusia. Tekanan darah dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tekanan kerja, aktivitas fisik yang kurang, serta lingkungan dan gaya hidup.

Tujuan: Menganalisis hubungan excessive daytime sleepiness dengan tekanan darah pada sopir bus antarkota antarprovinsi

Metode: Penelitian observasional analitik dengan metode cross-sectional. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan dengan sampel 50 sopir bus antarkota antarprovinsi yang bersedia dan telah memenuhi kriteria inklusi. Data penelitian ini merupakan data primer yang berisikan nilai EDS, nilai OSA, tekanan darah, usia, berat badan, tinggi badan, jumlah rokok per hari, waktu tidur, dan stress. Nilai EDS didapatkan dari pengisian kuesioner Epworth Sleepiness Scale (ESS), nilai stress didapatkan dari kuesioner Health and Saferty Examination (HSE), dan nilai OSA didapatkan dari kuesioner STOP-bang. Uji statistik menggunakan uji Chi square dengan nilai p<0.05 apabila tidak memenuhi syarat menggunakan uji Man Whitney dan Kruskal Wallis dengan nilai p<0.05.

Hasil: Dari hasil uji hubungan EDS dengan tekanan darah didapatkan nilai p = 0.542 yang menunjukkan bahwa tidak terhadap hubungan yang bermakna karena nilai p>0.05, uji hubungan OSA dengan tekanan darah didapatkan nilai p = 0.139 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna.

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara Excessive Daytime Sleepiness dengan peningkatan tekanan darah pada sopir bus antarkota antarprovinsi (AKAP)

Kata kunci: Excessive Daytime Sleepiness (EDS), tekanan darah, sopir bus, obstruktif sleep apnea (OSA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Excessive Daytime Sleepiness (EDS), tekanan darah, sopir bus, obstruktif sleep apnea (OSA).
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:18
Last Modified: 22 Dec 2023 03:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19063

Actions (login required)

View Item View Item