Adwitiya, Raina Dinda and Nurmalia, Devi (2023) Kebutuhan Pelatihan pada Perawat sebagai Upaya Pelaksanaan Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan (PKB). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
22020119140117-Raina Dinda Adwitiya-Hal Depan.pdf Download (462kB) |
|
Text
22020119140117-Raina Dinda Adwitiya-BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text
22020119140117-Raina Dinda Adwitiya-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
|
Text
22020119140117-Raina Dinda Adwitiya-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text
22020119140117-Raina Dinda Adwitiya-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
22020119140117-Raina Dinda Adwitiya-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text
22020119140117-Raina Dinda Adwitiya-BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
|
Text
22020119140117-Raina Dinda Adwitiya-Daftar Pustaka.pdf Download (125kB) |
|
Text
22020119140117-Raina Dinda Adwitiya-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
PKB adalah proses pendidikan untuk mempertahankan, meningkatkan, dan memperluas tidak hanya pengetahuan dan keterampilan, namun kualitas pribadi yang diperlukan dalam kehidupan profesional. PKB tidak hanya dilakukan dengan menempuh tingkat pendidikan formal, tetapi juga dapat melalui pelatihan. Penggunaan Training Needs Assessment digunakan sebagai sarana untuk memfasilitasi kebutuhan pelatihan yang diperlukan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2023 di RS Islam Sultan Agung Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran kebutuhan pelatihan sebagai upaya pelaksanaan PKB pada perawat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional dan teknik sampling berupa simple random sampling dengan jumlah sampel 231 responden. Pengumpulan data menggunakan Hennessy-Hicks Training Needs Analysis Questionnaire versi Bahasa Indonesia. Instrumen ini terdiri atas lima sub bagian atau dimensi antara lain research/ audit, komunikasi/ kerjasama, kemampuan/ tugas klinis, administrasi, dan manajemen/ supervisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi research/ audit memiliki nilai selisih tertinggi antara urgensi tugas dan performa perawat dalam menjalankan tugasnya (0,55), diikuti dengan manajemen (0,49), komunikasi (0,46), administrasi (0,42), dan tugas klinis (0,33). Menyediakan informasi pelatihan yang relevan dan melakukan monitoring dapat menjadi upaya yang dilakukan bagi rumah sakit dan institusi keperawatan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan pelatihan pada perawat. Selain itu, dengan memperbanyak kegiatan journal reading bagi perawat dapat membantu melatih critical thinking perawat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | S.Hum Bekti Iskandar |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 02:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 02:29 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19061 |
Actions (login required)
View Item |