Search for collections on Undip Repository

Faktor Risiko Terjadinya Obesitas pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Meteseh, Kota Semarang

Nur Amalina, Adila and Nuryanto, Nuryanto and Rahadiyanti, Ayu and Probosari, Enny Faktor Risiko Terjadinya Obesitas pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Meteseh, Kota Semarang. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak.jpg

Download (654kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Obesitas adalah hasil dari penumpukan lemak yang berlebihan karena tidak seimbangnya antara asupan energi dengan energi yang digunakan untuk waktu yang lama. Obesitas ditandai dengan IMT di atas 25 kg/m2 pada orang dewasa menurut Riskesdas 2018. Faktor yang mempengaruhi obesitas pada ibu rumah tangga adalah asupan energi yang lebih tinggi dibandingkan pengeluaran energi dalam jangka waktu lama, aktivitas fisik yang rendah, penggunaan kontrasepsi, status sosial ekonomi, dan riwayat obesitas saat remaja.
Tujuan : Mengetahui faktor risiko terjadinya obesitas pada ibu rumah tangga di Kelurahan Meteseh, Kota Semarang.
Metode : Penelitian kasus kontrol menggunakan ibu rumah tangga usia 20 – 49 tahun di Kelurahan Meteseh pada Agustus – September 2023. Subjek kelompok kasus terdiri dari 36 obesitas dan 36 non-obesitas. Variabel yang diteliti meliputi obesitas, asupan zat gizi (energi, karbohidrat, lemak, protein), aktivitas fisik, penggunaan kontrasepsi, pendapatan keluarga, dan riwayat obesitas remaja yang didapatkan dengan wawancara kuesioner. Analisis statistik menggunakan uji Chi-Square.
Hasil : Asupan energi (OR=0,294; p=0,26), karbohidrat (OR=1; p=1), lemak (OR=0,716; p=0,479), protein (OR=1; p=1), aktivitas fisik (OR=0,074; p=0,325), penggunaan kontrasepsi (OR=0,895; p=0,814), pendapatan keluarga (OR=1,47; p=0,448), dan riwayat obesitas remaja (OR=0,463; p=0,054) tidak menjadi faktor risiko sehingga bukan termasuk dalam faktor risiko obesitas ibu rumah tangga di Kelurahan Meteseh, Kota Semarang.
Simpulan : Asupan energi, karbohidrat, lemak, dan protein, aktivitas fisik, penggunaan kontrasepsi, pendapatan, dan riwayat obesitas remaja bukan merupakan faktor risiko obesitas ibu rumah tangga di Kelurahan Meteseh, Kota Semarang.

Kata Kunci : obesitas, ibu rumah tangga, faktor risiko, asupan.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 20 Dec 2023 00:52
Last Modified: 20 Dec 2023 00:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19051

Actions (login required)

View Item View Item