Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEEFOOD

Anantyo, Muhamad Reichan (2023) PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEEFOOD. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (323kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (358kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (286kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version

Download (318kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (141kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan industri layanan Online Food Delivery (OFD) yang pesat, ShopeeFood memasuki pasar Indonesia sebagai pesaing baru pada tahun 2021.Sejak awal kemunculannya, ShopeeFood telah menawarkan berbagai promosi penjualan yang sangat beragam. Selain itu, ShopeeFood berhasil membangun brand image yang baik di mata konsumen, yang terlihat dari peningkatan brand index ShopeeFood di tahun 2022. Akan tetapi, pada tahun 2022 ShopeeFoodmengalami penurunan dalam angka penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan promosi penjualan dan brand image terhadap keputusan pembelian di ShopeeFood.
Paradigma dalam penelitian ini adalah positivistik dengan pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan untuk menjelaskan pengaruh terpaan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian adalah Operant Conditioning dan menggunakanConsumer-Based Brand Equity Theoryuntuk menjelaskan pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian.Penelitian ini melibatkan responden dengan rentang usia 17-40 tahun yang berdomisili di Jabodetabek dan pernah terpapar informasi promosi penjualan ShopeeFood.Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terpaan promosi penjualan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 dengan nilai koefesien positif 0,030 dan nilai signifikansibrand imagesebesar 0,002 dengan nilai koefesien positif 0,048.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hipotesis bahwa terpaan promosi penjualan dan brand image memiliki pengaruh dengan arah positif terhadap keputusan pembelian di ShopeeFood diterima. Oleh karena itu, ShopeeFood dapat menggunakan strategi promosi penjualan untuk meningkatkan penjualan dan mereka perlu menjaga serta mengelola brand image agar tetap baik di pikiran konsumen.

Kata Kunci: Terpaan Promosi Penjualan, Brand Image, Keputusan Pembelian, ShopeeFood
NOMOR: 108KOM2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:36
Last Modified: 19 Dec 2023 08:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item View Item