Search for collections on Undip Repository

Hubungan Aktivitas Fisik dan Kualitas Tidur dengan Tingkat Dismenore Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Siahaan, Theresia and Purwoko, Yosef and SETIYORINI, NURUL and Basyar, Edwin (2023) Hubungan Aktivitas Fisik dan Kualitas Tidur dengan Tingkat Dismenore Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (THERESIA NATALIA SEREIMELDA SIAHAAN-22010120130154-KTI-ABSTRAK)
THERESIA NATALIA SEREIMELDA SIAHAAN-22010120130154-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (796kB)

Abstract

Latar belakang : Salah satu keluhan kesehatan yang biasa dialami perempuan adalah munculnya rasa nyeri saat menstruasi atau dismenore. Sekitar 10-15% perempuan usia produktif, termasuk mahasiswi mengalami nyeri haid yang parah dan memberikan dampak negatif hingga menyebabkan terhambatnya fungsi normal dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, kejadian dismenore perlu diminimalisasi dengan melakukan kontrol pada beberapa faktor risiko seperti aktivitas fisik dan kualitas tidur.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dan kualitas tidur dengan tingkat dismenore pada Mahasiswi Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode : Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan rancangan desain cross-sectional atau belah lintang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang mahasiswi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah International Physical Activitity Questionnaire (IPAQ), Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), dan Numeric Rating Scale (NRS) untuk menilai aktivitas fisik, kualitas tidur, dan tingkat dismenore. Data hubungan variabel bebas dan terikat dianalisis menggunakan uji Chi-square dan uji Spearman.
Hasil : Secara statistik didapatkan hubungan dengan korelasi sangat kuat dan tidak searah antara aktivitas fisik dengan tingkat dismenore (r = -0,855) dan terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan tingkat dismenore (P = 0,03 < 0,05) pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara aktivitas fisik dan kualitas tidur dengan tingkat dismenore pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Kata kunci: Dismenorea; Aktivitas Fisik; Kualitas Tidur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dismenorea; Aktivitas Fisik; Kualitas Tidur
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:47
Last Modified: 19 Dec 2023 05:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18983

Actions (login required)

View Item View Item