Search for collections on Undip Repository

Kepribadian Proaktif, Dukungan Akademik dan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Tahun Kedua di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Kurniadi, Paulina and Sawitri, Dian Ratna (2023) Kepribadian Proaktif, Dukungan Akademik dan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Tahun Kedua di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Masters thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak Paulina Kurniadi.pdf

Download (103kB)

Abstract

Perkuliahan menjadi tantangan bagi mahasiswa untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus dan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepribadian proaktif dan dukungan akademik dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tahun kedua di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Sampel penelitian ini 172 mahasiswa dengan persentase laki-laki sebesar 12% (M= 3,364; SD= 0,848) dan perempuan sebesar 88% (M= 3,644; SD= 0,570). Karakteristik mahasiswa aktif tahun kedua di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni regresi berganda. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini dua buah skala yang telah diadopsi dan telah diuji cobakan, yaitu Academic Resilience Scale (18 item; α= 0,81) dan Proactive Personality Scale (PPS) (10 item; α= 0,78) serta satu skala yang ditranslasi dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan telah diuji cobakan, yaitu Student Academic Support Scale (SASS) (15 item; α= 0,92). Hasil uji menunjukkan bahwa kepribadian proaktif dengan resiliensi akademik memiliki hubungan yang positif dengan nilai R2 = 0,275 atau 27,5% dan dukungan akademik dengan resiliensi akademik memiliki hubungan yang positif dengan nilai R2 = 0,07 atau 7% serta kepribadian proaktif dan dukungan akademik dengan resiliensi akademik memiliki hubungan yang positif dengan nilai R2 = 0,07 atau 7% dengan signifikansi 0.000 (p<0,05), yang berarti semakin tinggi resiliensi akademik pada mahasiswa, maka mahasiswa semakin proaktif dan tingginya dukungan akademik pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:45
Last Modified: 05 Feb 2024 01:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18981

Actions (login required)

View Item View Item