Search for collections on Undip Repository

PERBEDAAN FUNGSI PARU PEMAKAI VAPE MOD LIQUID ASAM ASKORBAT DAN VAPE MOD LIQUID KONVENSIONAL

Amelinda, Talitha and Prasetyo, Awal and Kholis, Fathur Nur (2023) PERBEDAAN FUNGSI PARU PEMAKAI VAPE MOD LIQUID ASAM ASKORBAT DAN VAPE MOD LIQUID KONVENSIONAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar Belakang: Perilaku merokok merupakan masalah global tiap tahunnya. Kemajuan teknologi yang meningkat turut menyiasati perilaku tersebut dengan membuat perangkat alternatif yang dinilai lebih aman, yaitu rokok elektronik. Kepopuleran rokok elektronik (vape) di tengah masyarakat meningkat hingga dianggap sebuah gaya hidup.
Tujuan: Untuk membuktikan bahwa fungsi paru (FVC, FEV1, dan PEF) pengguna vape mod liquid Asam Askorbat dengan vape mod liquid konvensional berbeda.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian pre and post-test randomized control trial. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa pengguna vape konvensional aktif yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sesuai rumus penelitian, sampel minimal yang diperlukan adalah 25 sampel untuk tiap-tiap kelompok. Uji statistik menggunakan uji normalitas shapiro-wilk, selanjutnya menggunakan uji independent t-test untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya.
Hasil: Terdapat peningkatan rerata fungsi paru FVC pada kelompok liquid Asam Askorbat antara pre-test dan post-test dan rerata tetap pada kelompok liquid konvensional. Rerata fungsi paru FEV1 antara pre-test dan post-test pada kelompok asam askorbat mengalami penurunan dan pada kelompok konvensional mengalami peningkatan. Sedangkan rerata pada nilai fungsi paru PEF antara pre-test dan post-test pada kelompok asam askorbat dan kelompok liquid konvensional keduanya menurun. Pada uji independent t-test, didapatkan hasil perbedaan yang tidak signifikan pada pemeriksaan fungsi paru (FVC, FEV1, dan PEF) pre-test dan post-test pengguna vape mod liquid asam askorbat dengan pengguna vape mod liquid konvensional.
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan bermakna pada nilai fungsi paru pengguna vape mod liquid Asam Askorbat dengan vape mod liquid konvensional
Kata kunci: Fungsi paru, vape mod liquid asam askorbat, vape mod liquid konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fungsi paru, vape mod liquid asam askorbat, vape mod liquid konvensional
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:51
Last Modified: 20 Dec 2023 03:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18979

Actions (login required)

View Item View Item