Search for collections on Undip Repository

Hubungan Kecanduan Media Sosial terhadap Harga Diri pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Subiyakto, Difa Maulana and Sumekar, Tanjung Ayu and Saktini, Fanti (2023) Hubungan Kecanduan Media Sosial terhadap Harga Diri pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
DIFA MAULANA SUBIYAKTO-22010120130150-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (15kB)

Abstract

Latar Belakang: Pada era modern, media sosial sudah menjadi Kebutuhan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Bermain media sosial terlalu sering dapat menimbulkan efek negatif. Efek negatif itu antara lain dapat mengakibatkan kecanduan. Sikap adiktif dalam bermain media sosial akan mengganggu aktivitas sehari-hari hingga memengaruhi tingkat harga diri.
Tujuan: Membuktikan adanya hubungan kecanduan media sosial dengan harga diri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode: Merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan dengan sampel 90 orang Mahasiswa Program Studi Kedokteran FK Undip Angkatan 2022 yang bersedia dan memenuhi kriteria inklusi. Pengujian hubungan kecanduan media sosial dengan tingkat harga diri menggunakan uji Spearman.
Hasil: Sebanyak 2,2% responden dengan tingkat kecanduan media sosial sangat rendah; 52,2% responden dengan tingkat rendah; 44,4% responden dengan tingkat tinggi; dan 1,1% responden sangat tinggi. Pada data tingkat harga diri didapatkan 84,4% responden dengan tingkat harga diri tinggi dan 15,6% responden dengan tingkat harga diri rendah. Pada uji korelasi faktor demografi dengan kecanduan media sosial dan harga diri didapatkan p>0,05 yang berarti tidak terdapat hubungan signifikan. Sedangkan, hubungan signifikan didapatkan pada uji korelasi antara kecanduan media sosial dengan tingkat harga diri (p=0,001).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kecanduan media sosial dengan tingkat harga diri pada mahasiswa FK Undip.

Kata kunci: kecanduan, media sosial, harga diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecanduan, media sosial, harga diri
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:41
Last Modified: 19 Dec 2023 07:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18969

Actions (login required)

View Item View Item