Search for collections on Undip Repository

PERBEDAAN STATUS GIZI BERDASARKAN JENIS MP-ASI YANG DIBERIKAN PADA ANAK USIA 12 BULAN

Dinasyrofiyah, Leila Khoirina and Anantyo, Dimas Tri and Nuryanto, Nuryanto (2023) PERBEDAAN STATUS GIZI BERDASARKAN JENIS MP-ASI YANG DIBERIKAN PADA ANAK USIA 12 BULAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
abstrakind.pdf

Download (8kB)

Abstract

Latar belakang: Status gizi merupakan suatu keadaan yang sehat dan sejahtera dari suatu individu maupun populasi yang dipengaruhi oleh asupan dan pemanfaatan nutrisi yang terjadi di dalam tubuhnya. Zat gizi dibutuhkan dalam proses pertumbuhan. ASI berperan penting dalam pertumbuhan anak di awal kehidupan, tetapi setelah mencapai usia 6 bulan, makanan pendamping baik fortifikasi maupun homemade diperlukan. Terdapat penelitian yang mendukung manfaat pemberian MP-ASI Fortifikasi tetapi ada pula yang mendukung manfaat pemberian MP-ASI homemade dalam meningkatkan status gizi pada anak.
Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan status gizi berdasarkan jenis makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) pada anak usia 12 bulan.
Metode: Bentuk penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan studi cross sectional untuk menganalisis perbedaan status gizi berdasarkan jenis MP-ASI pada anak usia 12 bulan yang termasuk ke dalam sampel penelitian Studi 1000 HPK yang telah dilakukan di Kota Semarang oleh tim IPE FK Undip pada tahun 2017-2019 sebagai sumber data sekunder penelitian. Diperoleh sebanyak 116 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Data akan dinalisis dengan univariat untuk mengetahui karakteristik subjek, uji beda dengan Chi Square, independent t-test, dan Mann Whitney test.
Hasil: Sebanyak 116 anak yang terdiri dari 70 (60,3%) yang memeroleh MP-ASI Fortifikasi dan 46 (39,7%) yang memeroleh MP-ASI homemade. Perbedaan yang bermakna diperoleh pada panjang badan anak pada usia 12 bulan (p=0,024) dengan rerata panjang badan anak yang memeroleh MP-ASI fortifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan MP-ASI homemade.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna pada panjang badan anak berdasarkan jenis MP-ASI yang diberikan.
Kata Kunci: Status gizi; MP-ASI; panjang badan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Status gizi; MP-ASI; panjang badan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:29
Last Modified: 19 Dec 2023 07:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18956

Actions (login required)

View Item View Item