Search for collections on Undip Repository

SOSOK LAKI-LAKI DALAM IKLAN MS GLOW FOR MEN SEMUA JUGA BISA

Wibisana, Kuirinus Fillmore Galih (2023) SOSOK LAKI-LAKI DALAM IKLAN MS GLOW FOR MEN SEMUA JUGA BISA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (653kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (493kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

Iklan perawatan wajah laki-laki merupakan iklan yang bertujuan
menawarkan produk sebagai solusi permasalahan wajah laki-laki melalui talent
yang dihadirkan sebagai citra dari produk. Dewasa ini iklan perawatan wajah
menghadirkan sosok laki-laki perkotaan dengan konstruksi metroseksual, namun
peneliti menemukan sosok yang menarik lewat iklan produk MS Glow For Men
“Semua Juga Bisa” dengan impian bahwa setiap laki-laki berhak mendapatkan
penampilan menarik tanpa harus mengikuti standar yang sudah ada di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan representasi sosok laki-laki dan
memahami dasar MS Glow For Men menyajikan sosok tersebut dalam iklan produk
dengan tagline “Semua Juga Bisa”. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode
kualitatif dengan analisis semiotika model Roland Barthes.
Peneliti menggunakan beberapa teori untuk menguraikan sosok laki-laki
dalam iklan yaitu teori konstruksi sosial realitas, teori humor sebagai superioritas,
dan teori humor sebagai ketidaksesuaian. Representasi dilihat dengan pendekatan
konstruksi, yaitu memaknai simbol dan bahasa berdasarkan pemaknaannya ketika
telah dihadapkan dengan budaya dan sosial masyarakat. Penelitian menghasilkan
temuan bahwa representasi sosok laki-laki yang ditampilkan pada iklan MS Glow
For Men “Semua Juga Bisa” yaitu sosok pencari nafkah (laki-laki kelas pekerja
yang menjadi target konsumen), sosok pengambil resiko (laki-laki rela melakukan
apapun untuk mencapai impian), sosok yang keras (laki-laki menggunakan
kekerasan untuk menyelesaikan masalah), sosok pemimpin, loyal, dan bertanggung
jawab (laki-laki memiliki ketegasan, pengambil keputusan, patuh, dan memiliki
tanggung jawab pada dirinya serta kelompok), sosok yang merawat wajah (laki-laki
tertarik pada perawatan tubuh), dan sosok narsis (laki-laki memiliki kepercayaaan
diri tinggi dan kesuksesan dinilai dari penampilan). Sosok laki-laki dalam iklan MS
Glow For Men “Semua Juga Bisa” merupakan ilusi yang dibawakan dengan humor,
namun berisikan konten merendahkan kelompok ekonomi menengah bawah,
akhirnya iklan ini membujuk target konsumen untuk mengikuti beauty standart
yang ada di masyarakat.
Kata kunci: Sosok laki-laki dalam iklan, Semiotika model Roland Barthes, MS Glow For Men, Iklan perawatan wajah laki-laki
NOMOR: 107HI2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:36
Last Modified: 19 Dec 2023 03:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item View Item