Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Dexmedetomidine dan Midazolam Terhadap Kejadian Aritmia Pada Pasien Pasca Operasi Katup Jantung (Kajian Biomarker NT-ProBNP)

Kurniawan, Irfani and Soesilowati, Danu and NURCAHYO, WIDYA ISTANTO (2023) Perbandingan Dexmedetomidine dan Midazolam Terhadap Kejadian Aritmia Pada Pasien Pasca Operasi Katup Jantung (Kajian Biomarker NT-ProBNP). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (IRFANI KURNIAWAN-22041019320019-TESIS-ABSTRAK)
IRFANI KURNIAWAN-22041019320019-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)

Abstract

Pendahuluan: Aritmia pasca operasi jantung adalah komplikasi umum yang meningkatkan morbiditas dan mortalitas. Fibrilasi atrial merupakan aritmia pasca operasi yang paling sering terjadi. Komplikasi pasca operasi katup jantung mencakup kerusakan otot jantung, salah satunya ditandai dengan peningkatan NT-proBNP.
Tujuan: Menganalisis perbedaan penggunaan dexmedetomidine dan midazolam terhadap kejadian aritmia dan biomarker NT-ProBNP pasca operasi katup jantung.
Metode: Penelitian eksperimental dengan desain Randomized pre-test post-test dilakukan pada pasien pasca operasi katup jantung di ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang. Total 26 pasien dibagi menjadi dua kelompok, penerima dexmedetomidine dan midazolam. Analisis data menggunakan uji univariat dan uji korelatif bivariat dengan software statistik. Data yang diambil menggunakan pemeriksaan EKG portabel untuk memantau kondisi jantung dan pemeriksaan NT-proBNP dilakukan.
Hasil: Dexmedetomidine menurunkan kejadian aritmia secara signifikan dibanding midazolam pada pasien yang menjalani tindakan katup jantung. Dexmedetomidine menurunkan kadar NT-proBNP lebih rendah dibanding midazolam walau hasil statistik tidak menunjukkan signifikansi. Pasien yang mengalami aritmia memiliki NT-proBNP yang lebih tinggi dibanding kelompok yang tidak mengalami aritmia walau hasil statistik tidak menunjukkan signifikansi.
Kesimpulan: Dexmedetomidine dapat menurunkan kejadian aritmia dan menurunkan kadar NT-proBNP pada pasien yang menjalani operasi katup jantung lebih baik daripada Midazolam.
Kata Kunci: Aritmia, Dexmedetomidine, Midazolam, NT-ProBNP, Operasi Katup Jantung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aritmia, Dexmedetomidine, Midazolam, NT-ProBNP, Operasi Katup Jantung.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:44
Last Modified: 20 Dec 2023 01:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18929

Actions (login required)

View Item View Item