Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Skor Memori Jangka Panjang Pada Kelompok Atlet Remaja Bola Basket dengan Bola Voli

Alifiani, Nadia Aulia and Supatmo, Yuswo and Adyaksa, Gana and KUMAIDAH, ENDANG (2023) Perbandingan Skor Memori Jangka Panjang Pada Kelompok Atlet Remaja Bola Basket dengan Bola Voli. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (NADIA AULIA ALIFIANI-22010120120031-TESIS-ABSTRAK)
NADIA AULIA ALIFIANI-22010120120031-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (14kB)

Abstract

Latar Belakang= Olahraga merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia untuk mendukung kesehatan fisik, kognitif, dan emosional. Antara olahraga dan memori diketahui saling memiliki keterkaitan satu sama lain. Atlet bola basket dan bola voli membutuhkan kemampuan memori jangka panjang yang baik untuk menguasai berbagai keterampilan. Dalam olahraga permainan cabang bola basket dan bola voli keduanya memiliki perbedaan. Penelitian ini membandingkan skor memori jangka panjang antara kedua cabang olahraga permainan, yaitu bola voli dan basket.
Tujuan= Mengetahui perbedaan skor memori jangka panjang pada kelompok atlet remaja pada cabang olahraga bola basket dengan bola voli.
Metode= Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan desain studi belah lintang (cross sectional) dengan subjek penelitian 36 atlet usia remaja yang terdiri dari 10 atlet putra cabang olahraga bola basket, 13 atlet putra cabang olahraga bola voli, dan 13 atlet putri cabang olahraga bola voli. Pengumpulan sampel penelitian dilakukan dengan metode total sampling pada seluruh atlet cabang olahraga bola basket dan olahraga bola voli yang telah melakukan latihan rutin di BPPLOP Provinsi Jawa Tengah yang sesuai dengan krteria inklusi dan eksklusi. Pengukuran skor memori jangka panjang dilakukan dengan Word Test Uji statistik menggunakan uji Saphiro-wilk dan uji t tidak berpasangan.
Hasil= Skor memori jangka panjang masing-masing individu cabang olahraga bola basket dan bola voli bernilai baik. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji T tak berpasangan, terdapat perbedaan yang bermakna pada rata-rata skor memori jangka panjang antara atlet remaja cabang olahraga bola basket dan bola voli (p=0,001) dengan rerata skor memori jangka panjang atlet bola basket lebih tinggi daripada atlet bola voli.
Kesimpulan= Terdapat perbedaan yang bermakna pada skor memori jangka panjang pada kelompok atlet remaja pada cabang olahraga bola basket dan bola voli dengan rata-rata skor memori jangka panjang pada cabang olahraga bola basket memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan cabang olahraga bola voli
Kata Kunci= Memori Jangka Panjang, Olahraga Bola Basket, Olahraga Bola Voli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Memori Jangka Panjang, Olahraga Bola Basket, Olahraga Bola Voli
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:53
Last Modified: 19 Dec 2023 05:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18849

Actions (login required)

View Item View Item