Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PUBLIC RELATIONS MELALUI PRODUKSI KONTEN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT RATE DI CV. PELANGI MULTI KREASINDO

Ramadani, Bunga Almatia Kintan (2023) STRATEGI PUBLIC RELATIONS MELALUI PRODUKSI KONTEN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT RATE DI CV. PELANGI MULTI KREASINDO. Undergraduate thesis, universitas diponegoro.

[img] Text
S_INHUM_Bunga Almatia Kintan Ramadani_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

CV. Pelangi Multi Kreasindo merupakan perusahaan industri kreatif yang
bergerak dalam bidang fotografi, videografi, penyewaan peralatan multimedia, dan event
production. Data yang dianalisis pada tanggal 10 September 2023, akun TikTok
@Studiopelangi mendapatkan hasil engagement rate sebesar 1.64%. Angka tersebut
masih jauh dari kata baik, menandakan bahwa perusahaan industri kreatif ini belum
berhasil menarik minat atau melakukan interaksi dengan audiens. Sehingga, audiens
belum memiliki informasi-informasi tentang perusahaan. Tujuan dari pembuatan konten
TikTok yaitu membangun strategi public relations, untuk meningkatkan pengetahuan
audiens tentang perusahaan melalui platform TikTok.
Dalam upaya memperbaiki engagement konten TikTok, peneliti memproduksi
sepuluh konten dan menerapkan strategi public relations selama satu bulan. Akun
@Studiopelangi memperoleh engagement rate sebesar 4.49%, artinya terdapat
peningkatan yang signifikan sebanyak 2.85%. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi
public relations yang diterapkan berhasil mencapai tingkat interaksi yang lebih baik.
Peneliti menemukan bahwa ada aspek-aspek yang mempengaruhi peningkatan
engagement di TikTok. Aspek pertama adalah waktu publikasi, dimana engagement akan
meningkat pada konten video yang diunggah hari minggu dan senin. Aspek kedua yaitu
tema konten. Konten dengan tema "Behind the Scenes" berhasil menarik perhatian
audiens dan mendapatkan respon positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Engagement Rate, Strategi Public Relations, Konten, TikTok
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:36
Last Modified: 15 Dec 2023 07:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18829

Actions (login required)

View Item View Item