Search for collections on Undip Repository

PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME PUBG DAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU AGRESIF VERBAL REMAJA

Ergana, Atasa Yudha (2022) PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME PUBG DAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU AGRESIF VERBAL REMAJA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (842kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (81kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (786kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Perilaku agresif verbal adalah kekerasan dengan komunikasi ditujukan pada orang,
dilakukan secara sengaja dengan bermaksud menyakiti, mengintimidasi, dan
mencelakakan orang lain secara tidak langsung maupun langsung (Nindya dan
Margaretha, 2012: 2). Terdapat beberapa faktor yang membuat seseorang melakukan
perilaku agresif verbal khususnya pada remaja yaitu intensitas bermain game PUBG dan
pengawasan orang tua. Intensitas bermain game PUBG bisa disimpulkan yaitu sebuah
kedalaman suatu kegiatan yang dilakukan dengan rasa senang atas media yang memiliki
tolok ukur seberapa seringnya seseorang dalam bermain game dalam jangka waktu
tertentu. Pengawasan orang tua merupakan upaya yang memiliki sifat memaksa pada
perkembangan emosi serta psikologis remaja seperti pengungkapan diri, berfikir, emosi
yang diluapkan menjadi ekspresi anak remaja serta kedekatan orang tua. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah social learning theory dan parental mediation.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game PUBG dan
pengawasan orang tua terhadap perilaku agresif verbal remaja.
Populasi penelitian yang digunakan adalah masyarakat dengan umur 16-24 tahun,
berdomisili di Kota Semarang, dan bermain game PUBG dengan jumlah yang tidak
diketahui. Sampel berjumlah 60 responden menggunakan teknin non probability
sampling dan metode purposive sampling. Tipe penelitian menggunakan explanatory.
Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dimana terdapat uji signifikan
t, uji f, dan koefisien determinasi dengan aplikasi SPSS 25 for Windows. Menggunakan
metode kuantitatif dengan paradigma positivistik. Hasil penelitian secara uji t
menunjukan bahwa intensitas bermain game PUBG berpengaruh terhadap perilaku
agresif verbal remaja dengan nilai sig 0,000<0,050. Variabel pengawasan orang tua tidak
berpengaruh terhadap perilaku agresif verbal remaja dengan nilai sig 0,811>0,050. Hasil
penelitian pada uji f menunjukan bahwa intensitas bermain game PUBG dan pengawsan
orang tua berpengaruh terhadap perilaku agresif verbal remaja dengan nilai sig
0,00>0,050. Hasil pada koefisien determinasi, pengaruh intensitas bermain game PUBG
dan pengawasan orang tua terhadap perilaku agresif verbal remaja memiliki nilai R
Square sebesar 0,289 dengan arti bahwa nilai pengaruhnya sebesar 28,9%.
Kata kunci: Intensitas Bermain Game PUBG, Pengawasan Orang Tua, Perilaku Agresif Verbal Remaja
NOMOR: 102KOM2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:48
Last Modified: 15 Dec 2023 01:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18800

Actions (login required)

View Item View Item