Search for collections on Undip Repository

KESEHATAN MENTAL IBU, PENGASUHAN, DAN KELEKATAN SEBAGAI MEDIATOR PADA HUBUNGAN MATERNAL ADVERSE CHILDHOOD EXPERIENCES DAN MASALAH PERILAKU ANAK: SYSTEMATIC REVIEW

Bermani, Valiannisa Cik and Dewi, Kartika Sari (2023) KESEHATAN MENTAL IBU, PENGASUHAN, DAN KELEKATAN SEBAGAI MEDIATOR PADA HUBUNGAN MATERNAL ADVERSE CHILDHOOD EXPERIENCES DAN MASALAH PERILAKU ANAK: SYSTEMATIC REVIEW. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)

Abstract

Ibu yang terpapar pengalaman masa kecil yang menyulitkan atau adverse childhood experiences (ACE) dapat meningkatkan risiko dampak negatif antargenerasi yang menyebabkan masalah perilaku internalisasi dan eksternalisasi anak. Mekanisme transmisi dari paparan ACE yang dialami Ibu pada masalah perilaku anak masih belum diketahui secara pasti. Tujuan systematic review ini adalah untuk mengungkapkan peran kesehatan mental Ibu, pengasuhan, dan kelekatan sebagai mediator pada hubungan antara maternal ACE dan masalah perilaku anak. Artikel diambil dari tujuh database, yaitu APA PsycInfo, EMBASE, Medline, Child Development & Adolescent Studies, Psychology and Behavioral Science, Web of Science dan Google Scholar. Kriteria inklusi meliputi artikel yang menganalisis mediator kesehatan mental Ibu, pengasuhan atau kelekatan, partisipan adalah Ibu dengan anak berusia di bawah 18 tahun, dipublikasikan pada tahun 2013-2023, dengan metode observasional, serta berbahasa Inggris dan berbahasa Indonesia. Asesmen kualitas artikel menggunakan Newcastle Ottawa Scale dan analisis disajikan secara naratif. Penelusuran menghasilkan 876 artikel, dengan 72 artikel ditinjau full-text, dan 30 artikel diinklusikan. Berdasarkan hasil sintesis, mayoritas studi menunjukkan bahwa kesehatan mental ibu, pengasuhan, dan kelekatan berperan sebagai mediator dalam transmisi antargenerasi maternal ACE dan masalah perilaku anak. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menginvestigasi lebih lanjut peran kelekatan sebagai mediator pada hubungan maternal ACE dan masalah perilaku anak.

Kata kunci: adverse childhood experiences, masalah perilaku, kesehatan mental Ibu, pengasuhan, kelekatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:46
Last Modified: 05 Feb 2024 01:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18795

Actions (login required)

View Item View Item