Search for collections on Undip Repository

PENGARUH INDEKS MASSA TUBUH (IMT) TERHADAP AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Az Zahra, Suci and Puruhito, Buwono and Probosari, Enny (2023) PENGARUH INDEKS MASSA TUBUH (IMT) TERHADAP AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (SUCI AZ ZAHRA-22010120140234-KTI-ABSTRAK)
SUCI AZ ZAHRA-22010120140234-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (15kB)

Abstract

Latar Belakang: Akne Vulgaris (AV) merupakan penyakit gangguan inflamasi kronik pada unit folikel pilosebasea. Hormon androgen pada obesitas memiliki kaitan dengan meningkatnya produksi sebum dan juga perkembangan akne vulgaris. Obesitas sering diiringi dengan hiperandrogenisme karena itu obesitas dapat dihubungkan dengan derajat keparahan akne vulgaris. Indeks massa tubuh (IMT) merupakan indeks statistik yang penggunaannya memakai berat badan dan tinggi badan untuk mendapatkan perkiraan lemak tubuh baik pada pria maupun wanita dari segala usia. Metode ini menggunakan kategori yang terdiri dari kurus, berat badan normal, kelebihan berat badan, dan obesitas.
Tujuan: Mengetahui pengaruh indeks massa tubuh terhadap AV.
Metode: Jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional design. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sesuai rumus penelitian, sampel minimal yang diperlukan adalah 48 sampel. Uji statistik mengenakan uji chi-square untuk melihat hubungan antara variabel berskala nominal (kejadian akne vulgaris) dengan variabel berskala interval (indeks massa tubuh).
Hasil: Dari total 55 subjek penelitian, terdapat hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh dengan angka kejadian AV. Terdapat 46 responden (83,6%) mengalami kejadian akne vulgaris dan 9 reponden (16,4%) tidak mengalami kejadian akne vulgaris. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, status gizi memiliki hubungan yang signifikan terhadap kejadian akne vulgaris dengan nilai 0,022.
Kesimpulan: Terdapat pegaruh indeks massa tubuh terhadap timbulnya akne vulgaris yang juga berhubungan dengan faktor usia dan jenis kelamin.

Kata kunci: Akne Vulgaris, Indeks Massa Tubuh, Usia, Jenis Kelamin, Obesitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akne Vulgaris, Indeks Massa Tubuh, Usia, Jenis Kelamin, Obesitas
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:04
Last Modified: 15 Dec 2023 04:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18788

Actions (login required)

View Item View Item