Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA SLEEP HYGIENE DENGAN ANGKA KEJADIAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA LAKI-LAKI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Susanto, Kevin and Budiastuti, Asih and Pramono, Dodik (2023) HUBUNGAN ANTARA SLEEP HYGIENE DENGAN ANGKA KEJADIAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA LAKI-LAKI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK_KTI)
Abstrak KTI_Kevin Orlando Wijaya Susanto.pdf

Download (83kB)

Abstract

Latar Belakang: Akne vulgaris adalah peradangan kronis dari unit pilosebaceous. Pengobatan akne vulgaris dini secara efektif dapat meningkatkan hasil dan mencegah masalah jangka panjang, salah satunya dengan sleep hygiene yang diukur menggunakan instrumen Sleep hygiene index (SHI).
Tujuan: Untuk menganalisis hubungan sleep hygiene dengan timbulnya akne vulgaris pada mahasiswa laki-laki Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian observasional analitik pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa laki-laki Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro. Sampel minimal yang diperlukan adalah 80 sampel. Uji statistik menggunakan uji chi-square untuk mengetahui hubungan antara sleep hygiene dengan kejadian akne vulgaris.
Hasil: Terdapat hubungan antara sleep hygiene dengan angka kejadian akne vulgaris.
Kesimpulan: Terdapat angka kejadian akne vulgaris, serta terdapat hubungan yang signifikan antara sleep hygiene yang buruk dan timbulnya akne vulgaris pada mahasiswa laki-laki Program Studi Kedokteran.

Kata kunci: Sleep hygiene, akne vulgaris, mahasiswa laki-laki, Program Studi Kedokteran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sleep hygiene, akne vulgaris, mahasiswa laki-laki, Program Studi Kedokteran
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:49
Last Modified: 15 Dec 2023 03:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18748

Actions (login required)

View Item View Item