Search for collections on Undip Repository

Faktor yang Berhubungan dengan Keragaman Konsumsi Pangan Anak Usia 12-23 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarharjo Kabupaten Brebes

Dita, Paramita and Candra, Etika and Purwanti, Fillah and Tri Susilo, Mursid Faktor yang Berhubungan dengan Keragaman Konsumsi Pangan Anak Usia 12-23 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarharjo Kabupaten Brebes. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Dita Paramita.pdf

Download (31kB)

Abstract

Latar Belakang: Pemenuhan gizi yang optimal pada anak di bawah usia dua tahun (baduta) diperlukan untuk mencegah kekurangan gizi. Pemenuhan gizi baduta dapat dilakukan dengan memperhatikan keragaman pangan yang dikonsumsi.

Tujuan: Menganalisis faktor yang berhubungan dengan keragaman konsumsi pangan anak usia 12-23 bulan di wilayah kerja Puskesmas Banjarharjo Kabupaten Brebes.

Metode: Jenis penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Banjarharjo meliputi desa Banjarharjo, Banjarlor, Parereja, Tegalreja, dan Cibuniwangi. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus-September 2023 dengan jumlah subjek 106 anak usia 12-23 bulan. Teknik sampling yaitu consecutive sampling. Data yang diambil yaitu keragaman pangan baduta, usia ibu, pendidikan ibu, waktu pengasuhan ibu, pendapatan per kapita, pangsa pengeluaran pangan, pengetahuan gizi ibu, dan frekuensi mengakses informasi gizi dan makanan. Analisis statistik menggunakan uji Spearman, uji Fisher, dan regresi linier berganda dengan CI 95%.

Hasil: Prevalensi anak di bawah usia dua tahun yang mengonsumsi makanan yang beragam sebesar 54,7%. Faktor yang berhubungan dengan keragaman konsumsi pangan baduta adalah pendapatan per kapita (p 0,015). Tidak terdapat hubungan antara usia ibu (p 0,468), pendidikan ibu (p 0,787), waktu pengasuhan ibu (p 0,968), pangsa pengeluaran pangan (p 0,983), pengetahuan gizi ibu (p 0,058), frekuensi mengakses informasi gizi dan makanan (p 0,073) dengan keragaman pangan baduta.

Simpulan: Pendapatan per kapita rumah tangga berhubungan dengan keragaman pangan anak usia 12-23 bulan. Usia ibu, tingkat pendidikan ibu, waktu pengasuhan, pangsa pengeluaran pangan, pengetahuan gizi ibu, dan frekuensi mengakses informasi gizi dan makanan tidak berhubungan dengan keragaman pangan anak usia 12-23 bulan di wilayah kerja Puskesmas Banjarharjo Kabupaten Brebes.

Kata kunci: Konsumsi Pangan, Anak di Bawah Usia 2 Tahun, Minimum Dietary Diversity

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:40
Last Modified: 12 Dec 2023 07:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18700

Actions (login required)

View Item View Item