Search for collections on Undip Repository

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pencegahan Infeksi di Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang

Larasati, Aditya Dewi and Prihatiningsih, Tyas and Hapsari, Rebriarina (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pencegahan Infeksi di Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ADITYA DEWI LARASATI-22010218130042-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)

Abstract

Tujuan: Menganalisis adanya pengaruh tingkat pengetahuan, usia, jenis kelamin, pekerjaan, frekuensi lama bekerja, tingkat pendidikan, dan pelatihan terhadap perilaku pencegahan penyebaran HAIs di Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Semarang tahun 2023.
Metode: Kuesioner tentang pengetahuan dan perilaku pencegahan penyebaran HAIs dibagikan kepada 14 dokter gigi, 4 perawat gigi, dan 40 coass gigi yang bekerja di Poli Gigi dan Mulut RSND Semarang. Analisis univariat dilakukan dengan pembuatan tabel distribusi frekuensi untuk mengetahui gambaran masing-masing variabel. Analisis bivariat menggunakan Uji Kruskal-Wallis dan Uji Mann-Whitney U.
Hasil: Hasil menunjukkan bahwa mayoritas rersponden berusia 26-45 tahun, berjenis kelamin perempuan, bekerja sebagai coass gigi, bekerja selama rentan 1-5 tahun, memiliki tingkat pendidikan terakhir S1 dan Diploma, serta tidak pernah mengikuti pelatihan pencegahan HAIs. Mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan tentang HAIs yang baik. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa usia (p = 0,011), pekerjaan (p = 0,004), dan frekuensi lama bekerja (p = 0,047) berpengaruh pada perilaku pencegahan HAIs oleh dokter gigi, perawat, dan coass gigi di Poli Gigi dan Mulut RSND.
Kesimpulan: Usia, pekerjaan, dan frekuensi lama bekerja berpengaruh terhadap perilaku pencegahan HAIs, serta tidak ditemukan adanya pengaruh antara tingkat pengetahuan, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pelatihan terhadap perilaku pencegahan HAIs di Poli Gigi dan Mulut RSND Semarang tahun 2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Healthcare-Associated Infections, Perilaku pencegahan infeksi, Faktor pengaruh
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:30
Last Modified: 15 Dec 2023 08:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item View Item