Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN PEMBELAANTERPAKSA DALAM TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN (STUDI PUTUSAN 183 /Pid.B/2021/ PN Dmk)._020 Pidana 2023

PRAMUDYA, MUHAMMAD GIFFARLY and Purwoto, Purwoto and R.B. Sularto, R.B. Sularto (2023) PENERAPAN PEMBELAANTERPAKSA DALAM TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN (STUDI PUTUSAN 183 /Pid.B/2021/ PN Dmk)._020 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan hukum yang berlaku di Indonesia ini masih terlalu iawam dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam pelaksanaanya banyak faktor yang dapat mempengaruhi dalam menerapakan suatu aturan hukum yang berlaku, terkhusus dalam penelitian ini adalah tentang penerapan pembelaan terpaksa yang didasari pada suatu tindak pidana berupa pencurian dengan kekerasan. Permasalahan ini penulis ambil contoh putusan No. 183/Pid.B/2021/PN Dmk. Berdasar dari permasalahan tersebut, penulis bermaksud untuk membuktikan apakah suatu aturan hukum tepat dalam penjatuhan suatu hukuman terhadap pelaku, mulai dari penjelasan kronologis hingga penjatuhan putusan. Metode pendekatan yang dihadapi dalam penilitian ini adalah yuridis normatif, dengan melakukan penelitian berdasar pada norma dan aturan hukum yang ada yang sudah berlaku ditambah dengan yurisprudensi. Penelitian ini juga diperkuat data melalui hasil penelitian secara lapangan dengan melakukan wawancara dengan penasihat hukum serta pihak yang fasih dalam bidangnya. Metode analisis yang digunakan adalah analisiskualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan fakta bahwa perilaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan ini yang apabila akan dibuktikan apakah pembelaan terpaksa tersebut dapat dibuktikan adalah adanya suatu bukti yang dapat membuktikan seseorang tersebut adalah benar melakukan pembelaan terpaksa atau hanya sekedar melakukan suatu perbuatan yang melawan hukum yang salah satunya didasari atas dasar niat jahat (mens rea). Dalam penelitian ini salah satu hal penting yang dapat menjadi alat bukti kuat adalah adanya saksi yang dapat mengungkap kejadian yang sebenarnya, baik saksi a charge dan a decharge.

Kata Kunci : Pembuktian, Pembelaan Terpaksa, Tindak Pidana Kekerasan dengan Pencurian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:38
Last Modified: 19 Dec 2023 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18653

Actions (login required)

View Item View Item