Search for collections on Undip Repository

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN HAK CIPTA KARYA MUSIK ATAS PUBLIKASI COVER LAGU KE YOUTUBE TANPA IZIN (STUDI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM JAWA TENGAH)._012 Dagang 2023

PUTRI, DENISSA AMALIA and Saptono, Hendro and Rahmanda, Bagus (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN HAK CIPTA KARYA MUSIK ATAS PUBLIKASI COVER LAGU KE YOUTUBE TANPA IZIN (STUDI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM JAWA TENGAH)._012 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memudahkan siapapun untuk dapat dengan mudah menghasilkan ataupun menggunakan suatu karya karena adanya internet, namun pemanfaatan teknologi internet ini berdampak pada hak cipta, salah satunya maraknya kegiatan cover lagu yang dipublikasikan ke youtube tanpa izin dan pihak terkait mendapatkan keuntungan dari hasil publikasi tersebut, hal ini merugikan pencipta atau pemegang hak cipta selaku pemilik hak cipta atas lagu tersebut maka dari itu pencipta atau pemegang hak cipta lagu perlu mendapatkan perlindungan dan penegakan hukum atas pelanggaran hak cipta yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum bagi pencipta dan pemegang hak cipta atas pelanggaran publikasi cover lagu ke youtube dan mengetahui penegakan hukum yang dapat dilakukan atas pelanggaran hak cipta cover lagu di salah satu instansi penegak hukum kekayaan intelektual yaitu Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan menjelaskan dan memaparkan analisis sesuai dengan hasil penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlindungan yang didapatkan pencipta adalah mendapatkan perlindungan dari Undang-Undang Hak Cipta, Undang-Undang ITE, dan perlindungan dari youtube serta Penegakan hukum yang dapat dilakukan di Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah berupa upaya administrasi dengan penutupan konten dan upaya pidana yang harus terlebih dahulu dilakukanya upaya mediasi.
Kata Kunci : Hak Cipta, Penegakan Hukum, Cover Lagu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:35
Last Modified: 19 Dec 2023 02:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18648

Actions (login required)

View Item View Item