Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TINGKAT PEMROSESAN PESAN PROGRAM EDUKASI KONSUMEN DAN PESAN SOCIAL MEDIA MARKETING DI INSTAGRAM JENIUS DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH PADA JENIUS 69KOM2022

YULISSA, SITI ZAHARA ALAWIYAH (2022) HUBUNGAN TINGKAT PEMROSESAN PESAN PROGRAM EDUKASI KONSUMEN DAN PESAN SOCIAL MEDIA MARKETING DI INSTAGRAM JENIUS DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH PADA JENIUS 69KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (375kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (765kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)

Abstract

Banyaknya kasus penipuan berbasis social engineering yang terjadi mengatasnamakan
bank digital Jenius dapat memberikan dampak negatif, salah satunya pada kepercayaan
nasabah. Beberapa upaya yang dapat dilakukan ialah menyampaikan pesan edukasi
konsumen tentang keamanan data digital serta pemasaran melalui media sosial
(Instagram). Namun, kedua upaya tersebut belum terbukti secara empiris dapat
meningkatkan kepercayaan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana hubungan tingkat pemrosesan pesan edukasi konsumen tentang keamanan
data digital dan pesan social media marketing di Instagram Jenius dengan tingkat
kepercayaan nasabah pada Jenius. Untuk menjelaskan tujuan penelitian tersebut,
digunakan teori elaboration likelihood model. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling.
Penelitian dilakukan terhadap 100 responden yang merupakan nasabah Jenius,
mengikuti akun Instagram Jenius (@jeniusconnect), dan mengetahui pesan edukasi
konsumen yang disampaikan oleh Jenius. Teknik analisis yang digunakan untuk
menguji hipotesis ialah Kendall’s Tau B.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemrosesan pesan edukasi (X1) dan
tingkat pemrosesan pesan social media marketing di Instagram Jenius (X2) memiliki
hubungan yang signifikan dengan tingkat kepercayaan nasabah pada Jenius (Y) dengan
nilai signifikansi keduanya 0,000 dan koefisien korelasi masing-masing 0,394 dan 0,328.
Artinya, semakin tinggi tingkat pemrosesan pesan oleh nasabah pada pesan edukasi
kosnumen dan pesan social media marketing di Instagram Jenius, maka semakin tinggi
pula tingkat kepercayaan nasabah pada Jenius. Melalui temuan penelitian ini, Jenius
disarankan untuk meningkatkan kegiatan penyampaian pesan program edukasi Jenius
Aman dan mempertahankan kegiatan pemasaran di Instagram (@jeniusconnect).

Kata Kunci: Pemrosesan Pesan; Kepercayaan Konsumen; Elaboration Likelihood Model

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:28
Last Modified: 06 Dec 2023 07:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18548

Actions (login required)

View Item View Item