Search for collections on Undip Repository

PERANCANGAN DAN PRODUKSI VIDEO DOKUMENTER KAMPUNG BATIK SEMARANG SEBAGAI MEDIA BRANDING POTENSI WISATA BUDAYA 文化観光潜在的なブランディングメディアとしてのカンポンバ ティックスマランのビデオドキュメンタリの企画と制作

Fitriyani, Fransiska Aulia (2023) PERANCANGAN DAN PRODUKSI VIDEO DOKUMENTER KAMPUNG BATIK SEMARANG SEBAGAI MEDIA BRANDING POTENSI WISATA BUDAYA 文化観光潜在的なブランディングメディアとしてのカンポンバ ティックスマランのビデオドキュメンタリの企画と制作. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER_FRANSISKA AULIA FITRIYANI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perancangan dan Produksi Video Dokumenter Kampung
Batik Semarang sebagai Media Branding Potensi Wisata Budaya”. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk membantu menciptakan media branding yang efektif untuk menarik
wisatawan agar tertarik untuk berkunjung ke Kampung Batik Semarang. Luaran yang
dihasilkan dari penelitian ini berupa video dokumenter yang menampilkan hasil wawancara
bersama beberapa narasumber ahli yang memberikan berbagai informasi mengenai
Kampung Batik. Informasi yang ditonjolkan dalam video dokumenter ini meliputi Profil
umum Kampung Batik, Asal-usul Kampung Batik dan Kampoeng Djadoel, perbedaan
Kampung Batik dan Kampoeng Djadoel, Konsep Wisata di Kampoeng Djadoel, Dampak
keberadaan pariwisata bagi masyarakat setempat, serta Batik Semarangan. Video
dokumenter ini dibuat melalui 3 tahapan yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi
dengan mengikuti alur penelitian Research and Development yang dikemukakan oleh
Sugiyono (2013). Hal tersebut dilakukan agar produk yang dihasilkan dari penelitian ini
layak untuk disebarluaskan kepada masyarakat. Perancangan dan produksi video
dokumenter ini dapat menjadi solusi yang tepat karena penggunaan video sebagai media
promosi dirasa lebih unggul karena dapat untuk memberikan pengalaman yang nyata
kepada audience. Di samping itu, tren pariwisata yang berkembang saat ini lebih
mengedepankan pendekatan melalui konsep visualisasi digital. Oleh karena itu dengan
memanfaatkan media sosial sebagai media persebaran informasi, dapat membuka akses
informasi yang lebih mudah dan efektif untuk menjangkau sasaran calon wisatawan yang
lebih luas agar keberadaan Kampung Batik lebih mudah dikenali.
Keyword: Kampung Batik, Video Dokumenter, Branding

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kampung Batik, Video Dokumenter, Branding
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Japanese
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:08
Last Modified: 06 Dec 2023 02:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18539

Actions (login required)

View Item View Item