Septiani, Silvia and Sakti, Hastaning (2023) HUBUNGAN GROWTH MINDSET DENGAN SELF-EFFICACY AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 27 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Abstrak Repository Silvia Septiani.pdf Download (88kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguji hubungan antara growth mindset dengan self-efficacy akademik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Semarang. Hipotesis yang diajukan daam penelitian ini iala growth mindset memiliki hubungan positif dengan self-efficacy akademik pada siswa keas VIII SMP Negeri 27 Semarang. Subyek yang terlibat dalam penelitian ini ialah siswa yang duduk di kelas VIII SMP Negeri 27 Semarang. (N= 157) dengan teknik sampling yang digunakan ialah teknik purposive sampling. Pengambilan data dengan menggunakan dua skala, yaitu growth mindset (31 butir, α = 0.905) dan skala self-efficacy akademik (15 butir, α = 0.821). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan aplikasi SPSS versi 25 guna menguji hubungan kedua variabel. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara growth mindset dengan self-efficacy akademik yang bersifat positif (rs = 0.615, p<0.01). Selain itu, growth mindset juga memberikan sumbangan sebesar 37,8% dalam membentuk self-efficacy akademik. Kesimpulan dari penelitian ini ialah growth mindset memiliki hubungan dengan self-efficacy akademik. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin besar growth mindset yang dimiliki seseorang, maka akan semakin tinggi self-efficacy (efikasi diri) akademik yang dimiliki oleh siswa. Hal ini dikarenakan siswa yang memiliki growth mindset memiliki keyakinan terhadap kemampuan yang dimiliki oleh siswa, sehingga dapat meningkatkan self-efficacy pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 01:57 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 01:57 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18536 |
Actions (login required)
View Item |