Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Kelompok Tutor Sebaya di Masa Pandemi terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi 55KOM2022

Anandani, Felda Aurellia (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Kelompok Tutor Sebaya di Masa Pandemi terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi 55KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (283kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (192kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (12kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (520kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pandemi Covid-19 yang membuat sebagian besar
masyarakat mengalami kerugian, salah satunya pada bidang pendidikan yang mana
peserta didik dituntut untuk melakukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan).
Sehingga hal ini dapat berdampak pada tingkat motivasi belajar peserta didik menjadi
menurun. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan metode belajar kelompok tutor sebaya terhadap tingkat motivasi belajar
mahasiswa di masa pandemi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Community of Practice.
Untuk menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik non probability
sampling. Jumlah sampel yang diteliti berjumlah 30 orang dengan membagi dua
kelompok responden, yang mana tiap kelompok terdiri 15 orang. Jenis penelitian ini
adalah Quasi Experimental karena ingin melihat perbedaan antara kelompok yang
menggunakan metode tutor sebaya dengan kelompok yang tidak menggunakan metode
tutor sebaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode belajar kelompok
tutor sebaya terhadap tingkat motivasi belajar memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed)
atau signifikansi sebesar 0,135 yang artinya tidak signifikan. Sehingga tidak terdapat
perbedaan rata-rata tingkat motivasi belajar antara kelompok yang menggunakan
metode tutor sebaya dengan kelompok yang tidak menggunakan metode tutor sebaya.

Kata kunci : metode tutor sebaya, motivasi belajar, Covid-19, quasi experimental.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:11
Last Modified: 05 Dec 2023 04:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18506

Actions (login required)

View Item View Item