Putri, Raina Arundati (2022) Pengelolaan Manajemen Privasi dalam Penggunaan Akun Finsta 45KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER RAINA.pdf - Submitted Version Download (553kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Download (815kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text
BAB VI.pdf - Submitted Version Download (408kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (416kB) |
Abstract
Munculnya fenomena Finstagram yang dijadikan platform oleh anak muda, khususnya Gen-Z, untuk terbuka mengenai hal-hal yang personal dan sensitif di media sosial, dapat menjadi ancaman terhadap privasi mereka. Walaupun akun Finsta bersifat privat dan anonim, tetap tidak menutup kemungkinan akan terjadinya kebocoran privasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman pengguna finsta dalam mengekspresikan persoalan privat yang mereka alami dalam hal problem sosial maupun psikologis. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah metode penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam yaitu indepth interview dengan jumlah informan sebanyak lima orang. Teori yang digunakan sebagai acuan pada penelitian ini adalah Communication Privacy Management Theory.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa seluruh informan pernah mengekspresikan persoalan privatnya di finsta terkait problem sosial dan psikologis yang mereka alami. Hal privat tersebut biasanya mereka ungkapkan dengan fitur story yang ada di Instagram. Pengguna Finsta merasa bahwa mereka memiliki hak untuk mengontrol siapa saja yang memiliki akses terhadap informasi privat yang telah mereka bagikan pada akunnya. Dalam mengontrol dan memastikan privasinya terjaga di finsta, pengguna memiliki batasan-batasan privasi tertentu, serta melakukan berbagai strategi sosial seperti menahan diri untuk tidak melakukan pengungkapan, atau melakukan seleksi terhadap followers, dan juga menerapkan strategi teknologi dengan memanfaatkan fitur Instagram berupa close friend, private account, remove followers, dan hide story. Dalam melakukan manajemen privasi pengguna juga dipengaruhi oleh beberapa kriteria yaitu kriteria konteks, motivasi, serta risiko dan manfaat.
Kata Kunci : Manajemen Privasi Komunikasi, Privasi, Instagram, Finstagram
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 08:39 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 08:39 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18475 |
Actions (login required)
View Item |