Search for collections on Undip Repository

EKSPANSI PASAR KOPI AFRIKA : STRATEGI KEBERHASILAN INDONESIA MENJADI EKSPORTIR KOPI UTAMA DI MESIR

Karo Sekali, Tommy Gabriel (2023) EKSPANSI PASAR KOPI AFRIKA : STRATEGI KEBERHASILAN INDONESIA MENJADI EKSPORTIR KOPI UTAMA DI MESIR. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover Tommy Gabriel.pdf - Submitted Version

Download (505kB)
[img] Text
BAB 1 Tommy Gabriel.pdf - Submitted Version

Download (385kB)
[img] Text
BAB 2 Tommy Gabriel.pdf - Submitted Version

Download (464kB)
[img] Text
BAB 3 Tommy Gabriel.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 Tommy Gabriel.pdf - Submitted Version

Download (209kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Tommy Gabriel.pdf - Submitted Version

Download (238kB)

Abstract

Kegiatan mengkonsumsi kopi di era modern saat ini sudah menjadi
budaya yang tidak dapat terpisahkan dari hampir seluruh masyarakat di dunia.
perkembangan industri kopi yang terus meningkat setiap tahunnya juga terjadi
hampir di seluruh dunia, termasuk salah satunya adalah Mesir. Kebudayaan
mengkonsumsi kopi di Mesir terlihat meningkat semenjak 10 tahun terakhir
terlihat dari konsumsi kopi mereka yang terus meningkat setiap tahunnya.
Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat permintaan kopi paling
tinggi di Mesir. Dalam kurun waktu 2018-2022 peningkatan volume dan nilai
ekspor kopi Indonesia ke Mesir terus tumbuh secara signifikan, bahkan pada
tahun 2020 Indonesia berhasil menjadi eksportir kopi terbesar yang menguasai
pasar kopi Mesir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
yang dilakukan oleh aktor pemerintah dan non-pemerintah Indonesia sehingga
berhasil menjadikan Indonesia sebagai negara eksportir kopi utama yang ada di
Mesir. Teori yang penulis pakai dalam menjawab rumusan masalah ini adalah
Teori Perdagangan Internasional karya David Ricardo mengenai keunggulan
komparatif, Konsep Diplomasi Ekonomi dan Konsep Diplomasi Komersial.
Penulis
menggunakan penelitian dengan tipe kualitatif deskriptif dengan pengambilan
data primer dan sekunder yang berasal dari kegiatan wawancara, buku, jurnal,
publikasi, dan website terpercaya. Hasil dari penelitian ini adalah sinergi dari
aktor pemerintah dan aktor non-pemerintah Indonesia melakukan strategi
diplomasi ekonomi dalam bentuk kegiatan diplomasi kopi yang memanfaatkan
keunggulan komparatif kopi Indonesia sebagai nilai tambah dalam kegiatan
negosiasi, yang kemudian didukung dengan penerapan strategi diplomasi
komersial dalam bentuk kegiatan pameran, fasilitasi ekspor, dan kerjasama.
Kata Kunci: Peningkatan Ekspor, Strategi Keberhasilan, Teori Perdagangan
Internasional, Diplomasi Ekonomi, Diplomasi Komersial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:56
Last Modified: 01 Dec 2023 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18465

Actions (login required)

View Item View Item