Search for collections on Undip Repository

Hubungan Intensitas Menonton Review Beauty Vlogger dan Intensitas Komunikasi Peer Group dengan Sikap Remaja Menggunakan Produk Kecantikan 36KOM2022

Salsabila, Thalenta (2022) Hubungan Intensitas Menonton Review Beauty Vlogger dan Intensitas Komunikasi Peer Group dengan Sikap Remaja Menggunakan Produk Kecantikan 36KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (769kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (583kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (868kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version

Download (352kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (190kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (484kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tren penggunaan produk kecantikan di indonesia terjadi seiring adanya
perkembangan konten review beauty vlogger. Dengan adanya hal tersebut, remaja
selalu ingin mengikuti apa yang model tampilkan pada review yang dilihatnya, baik
dari cara menggunakan maupun memilih produk kecantikan yang tepat. Sikap
menggunakan produk kecantikan yang berlebih pada remaja dapat menimbulkan
sumber permasalahan dari aspek psikologis, ekonomi, sosial bahkan normatife. Sikap
remaja menggunakan produk kecantikan ini diduga akibat dari beberapa faktor,
diantaranya intensitas menonton review beauty vlogger dan intensitas komunikasi peer
group.
Tujuan penelitian ini guna menjelaskan hubungan antara intensitas menonton
review beauty vlogger dan intensitas komunikasi peer group dengan sikap remaja
menggunakan produk kecantikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni
teori pembelajaran kognitif dan teori kelompok rujukan. Teknik pengambilan sampel
non random sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel 100
responden dengan kriteria remaja SMP dan SMA berdomisili di Semarang, menonton
review beauty vlogger dan pernah menggunakan produk kecantikan.
Dalam penelitian ini menggunakan analisis Kendall Tau_b. Hasil pengujian
hipotesis pertama menunjukan terdapat hubungan positif antara intensitas menonton
review beauty vlogger dengan sikap remaja menggunakan produk kecantikan karena
nilai signifikansi menunjukan sebesar 0,011. Sedangkan hasil pengujian hipotesis
kedua juga menunjukan terdapat hubungan positif antara intensitas komunikasi peer
group dengan sikap remaja menggunakan produk kecantikan karena nilai signifikansi
menunjukan sebesar 0,000.

Kata kunci: Beauty, vlogger, Remaja, Produk Kecantikan, Peer Group.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:01
Last Modified: 30 Nov 2023 04:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18439

Actions (login required)

View Item View Item