Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN CITRA MEREK DAN TINGKAT KEPERCAYAAN MEREK DENGAN TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN PRODUK HAND AND BODY LOTION VASELINE 35KOM2022

Kesumaputri, Alexandra Parahita Bening (2022) HUBUNGAN CITRA MEREK DAN TINGKAT KEPERCAYAAN MEREK DENGAN TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN PRODUK HAND AND BODY LOTION VASELINE 35KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (506kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Beberapa tahun terakhir, masyarakat semakin memperhatikan penampilan dengan
menggunakan body care dan skincare. Indonesia yang beriklim tropis, terutama
provinsi DKI Jakarta yang padat penduduk membuat polusi udara cukup tinggi
sehingga masyarakatnya lebih rawan mengalami kerusakan kulit. Melihat fenomena ini
banyak produk Hand and Body Lotion yang beredar di pasar. Vaseline sebagai salah
satu brand yang produk Hand and Body Lotionnya sudah beredar di Indonesia sejak
1969 dan masih eksis hingga sekarang menunjukkan bahwa merek Vaseline telah
mendapat kepercayaan dari masyarakat. Selain itu banyak upaya yang dilakukan
Vaseline agar citra merek Vaseline tetap positif seperti menggunakan tagline ‘Vaseline,
Kekuatan memperbaiki’ dan mengusung visi positive beauty. Kendati demikian
pelanggan Hand and Body Lotion Vaseline terindikasi mengalami penurunan
pembelian ulang oleh konsumen sejak tahun 2019.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan citra merek dan tingkat kepercayaan
merek Vaseline dengan loyalitas konsumen Hand and Body Lotion Vaseline di DKI
Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran kognitif,
teori tindakan beralasan, dan teori atribusi. Dengan teknik pengambilan sampel nonprobability,

dipilih 70 orang sampel dengan karakteristik berusia 12 – 35 tahun,
berdomisili di DKI Jakarta, dan menggunakan produk Hand and Body Lotion Vaseline
minimal 6 bulan. Hasil uji korelasi linear berganda menunjukkan citra merek (X1) dan
tingkat kepercayaan merek Vaseline (X2) dengan tingkat loyalitas konsumen pengguna
Hand and Body Lotion Vaseline (Y) secara simultan memiliki nilai signifikansi sebesar
0.045 yang berarti signifikan dengan nilai korelasi koefisien 0.27 dengan arah
hubungan positif. Selain itu uji korelasi citra merek Vaseline dengan tingkat loyalitas
konsumen pengguna Hand and Body Lotion Vaseline memiliki nilai signifikansi
sebesar 0.050 dengan koefisien korelasinya 0.235, dan hubungan antara tingkat
kepercayaan merek Vaseline dengan tingkat loyalitas konsumen Hand and Body Lotion
Vaseline menunjukan nilai signifikansi 0.014 dengan koefisien korelasinya sebesar
0.293
Kata Kunci : Hand and Body Lotion, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas
Konsumen, Vaseline

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:55
Last Modified: 30 Nov 2023 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18438

Actions (login required)

View Item View Item