Search for collections on Undip Repository

Pemaknaan Konsumsi Kopi Di Kedai Kopi Independen bagi Konsumen Anak Muda 30KOM2022

Ranindyasa, Amaria Niken (2022) Pemaknaan Konsumsi Kopi Di Kedai Kopi Independen bagi Konsumen Anak Muda 30KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (757kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

Beberapa tahun terakhir, kedai kopi atau coffee shop di Indonesia makin menjamur
dengan mengalami pertumbuhan jumlah kedai kopi yang mencapai kurang lebih 3.000 gerai
dalam tiga tahun, yaitu antara tahun 2016 sampai 2019. Budaya kopi atau ngopi ini mencakup
berbagai jenis kedai kopi yang ada di indonesia, mulai dari warung kopi tradisional, kedai kopi
global, hingga kedai kopi independen. Ngopi erat hubungannya dengan nilai-nilai pada
masyarakat mengenai pergeseran sikap konsumsi yang sebagai akibatnya menciptakan gaya
hidup ngopi yang mengandung simbol komunikasi. Namun bagaimana konsumen memaknai
ngopi di kedai kopi independen belum banyak diteliti seperti makna ngopi di jenis kedai kopi
lainnya seperti warung kopi tradisional dan kedai kopi global Starbucks.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi
dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan konsumen ketika mengkonsumsi kopi
di kedai kopi independen. Adapun pendekatan teoritis yang digunakan yaitu Teori Masyarakat
Konsumsi oleh Jean Baudrillard dan Experiential Aspects of Consumption oleh Holbrook dan
Hirschman. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kedai kopi independen yang berbeda-beda
memberikan pengalaman konsumsi yang berbeda dan menumbuhkan ketertarikan untuk
mengeksplorasi berbagai konsep kedai.

Kata kunci : Fenomenologi, Konsumsi Kopi, Kedai Kopi independen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:09
Last Modified: 30 Nov 2023 03:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18432

Actions (login required)

View Item View Item